Cara mengatasi laptop layar hitam namun menyala, kenali juga penyebab utamanya

Advertisement

Techno.id - Laptop adalah salah satu barang elektronik yang tidak asing di telinga banyak orang. Benda tipis dengan gabungan layar, keyboard dan touchpad ini menjadi salah satu senjata andalan yang diminati banyak orang. Pasalnya, laptop bisa digunakan sebagai salah satu perangkat dengan mobilitas yang tinggi.

Kerusakan pada komponen bias saja terjadi kapan saja. Salah satu kerusakan yang kerap dialami pengguna yaitu di sektor layar.

Kerusakan pada layar laptop bervariasi, namun yang umum dijumpai adalah layar hitam. Umumnya layar hitam pada laptop mengindikasikan bahwa perangkat tersebut tidak menyala. Namun ada juga laptop yang mengalami kasus layar hitam namun perangkat tersebut bisa menyala.

Masalah ini tidak bisa dianggap remeh mengingat layar adalah salah satu komponen penting laptop. Untungnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat hal demikian terjadi.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (6/12), cara mengatasi laptop layar hitam namun menyala.

Penyebab layar laptop hitam namun menyala

foto: pexels.com

Saat kamu mendapati perangkat kesayangan mengalami hal demikian, periksa lagi cara penggunaan. Pasalnya hal tersebut menjadi salah satu pengaruh penting kerusakan di sektor layar. Tak hanya itu, beberapa penyebab lain juga menjadi kemungkinan kerusakan di sektor tersebut. Beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan layar laptop hitam namun menyala bisa kamu lihat pada penjelasan berikut.

1. Pemakaian yang terlalu berlebihan

Saat menggunakan laptop, ada baiknya kamu mengistirahatkan perangkat tersebut barang setengah atau satu jam agar laptop tidak kelelahan. Hal ini penting dilakukan khususnya bagi laptop yang tidak didesain untuk keperluan berat namun dipaksa bekerja melebihi batas. Layar hitam pada laptop yang dipaksa bekerja berlebihan tentu bukan hal yang mustahil. Jika kamu merasa menggunakan laptop sesuai porsinya, mungkin penyebab berikut ini bisa menjadi pemicu layar laptop hitam.

2. Benturan dengan benda keras

Ketidaksengajaan yang tidak menyenangkan seperti laptop terbentur benda keras juga bisa menjadi pemicu utama layar laptop hanya hitam saja. Terlebih jika benturan tersebut terjadi pada area sensitif seperti bagian atas tengah laptop, atau pada bagian yang dipenuhi konektor. Benturan dengan benda keras bisa saja menyebabkan layar menjadi rusak atau socket penghubung terlepas atau rusak.

3. Kebersihan yang tidak diperhatikan

Meski merupakan sebuah barang elektronik, kebersihan laptop tentu perlu dijaga agar kestabilan perangkat tersebut tetap terjaga. Saat kamu mengabaikan kebersihan laptop, bukan tidak mungkin layar perangkat tersebut menjadi hitam dan tidak bisa menampilkan gambar dengan baik. Kamu bisa membersihkan bagian luar dan dalam laptop dengan cairan isopropil alkohol yang bisa dibeli di apotek atau service center.

Cara mengatasi laptop layar hitam namun menyala

foto: unsplash.com

Untuk memperbaiki layar laptop hitam namun perangkat menyala, pada dasarnya kamu bisa melakukan beberapa cara. Kamu bisa memeriksa apakah laptop yang dipakai pernah jatuh atau terbentur benda keras khususnya di area dekat dengan layar. Jika pernah ada kemungkinan sisi dalam laptop mengalami masalah.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara lain seperti perangkat tambahan yang berfungsi untuk menampilkan gambar. Berkaitan dengan cara mengatasi layar laptop hitam namun menyala, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Periksa konektor layar

Pada bagian dalam laptop, layar atau LCD memiliki sebuah soket penghubung yang digunakan sebagai perantara layar dengan motherboard. Jika laptop kamu pernah terjatuh, atau terbentur benda lain, bukan hal mustahil jika socket yang ada terlepas atau rusak. Kamu bisa memeriksa soket penghubung layar dengan motherboard barangkali terjadi kerusakan di sektor tersebut.

2. Lepas konektor baterai

Tak melulu soal layar, komponen lain seperti baterai juga bisa menyebabkan layar laptop menjadi hitam namun perangkat tersebut menyala. Beruntung bagi kamu yang memiliki laptop seri lawas, cara ini bisa dilakukan dengan mudah karena baterai perangkat tersebut bisa dilepas pasang dengan mudah. Namun bagi kamu yang menggunakan laptop keluaran terbaru, cukup buka casing belakang laptop menggunakan alat yang diperlukan kemudian lepas konektor baterai.

3. Coba hubungkan dengan monitor lain

Kamu bisa menggunakan monitor lain yang biasa digunakan pada komputer. Dengan cara ini, kamu dapat menikmati tampilan yang biasanya ditampilkan pada layar laptop. Meski bisa dibilang membutuhkan modal, namun penggunaan monitor tambahan memiliki persentase keberhasilan yang tinggi.

4. Ganti komponen yang rusak

Pada dasarnya saat layar laptop sudah menunjukkan tanda-tanda tidak menyenangkan seperti muncul tampilan hitam, kamu perlu membobol tabungan yang mungkin sudah dikumpulkan dari lama. Pasalnya, jikalau bisa diatasi dengan cara nomor satu dan dua, kemungkinan kerusakan pada sektor yang sama termasuk cukup besar.

Tidak ada salahnya kamu mengganti layar laptop yang rusak dengan part baru. Tak lupa, pastikan komponen tersebut merupakan part original atau setidaknya bekas copotan laptop yang sama.


Advertisement


(brl/guf)