Cara membuat barcode di laptop dan komputer, labeling dan scanning barang jadi mudah

Advertisement

Techno.id - Kemajuan teknologi saat ini membuat banyak keperluan menjadi terasa mudah. Salah satu kemudahan yang ditawarkan dari teknologi adalah sektor scanning dan labeling. Kemudahan dalam sektor tersebut tentu sudah sangat nyata berkat adanya barcode. Barcode merupakan garis unik yang menjadi kode.

Sadar atau tidak, barcode sendiri perlu dibuat agar bisa digunakan dengan nyaman. Proses pembuatan barcode sendiri pada dasarnya termasuk cukup mudah. Terlebih lagi, hadirnya teknologi semakin memperlancar pembuatan kode unik tersebut. Cukup dengan mengandalkan perangkat laptop dan komputer, berbagai barcode bisa dibuat dengan mudah.

Proses pembuatan barcode pada laptop maupun komputer pada dasarnya terbilang sangat mudah. Sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat kode unik tersebut tanpa ribet.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (22/12), Cara membuat barcode di laptop dan komputer.

Cara membuat barcode di laptop dan komputer

Agar dapat membuat barcode dengan mengandalkan laptop maupun komputer, pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa dicoba. Penting diingat, kamu perlu mengidentifikasi kegunaan barcode itu sendiri. Semisal kamu ingin menggunakan barcode sebagai keperluan bisnis, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sedangkan jika kamu ingin membuat barcode untuk keperluan pribadi, cara yang dilakukan juga akan berbeda jika dibanding untuk keperluan bisnis. Tak perlu berlama-lama, kamu bisa simak ulasan berikut untuk mulai membuat barcode pada laptop dan komputer.

1. Cara membuat barcode di laptop dan komputer untuk keperluan bisnis

foto: pexels.com

Bagi kamu yang ingin membuat barcode untuk daftar barang dagangan, cara berikut ini tentu patut dicoba. Untuk mulai membuat barcode sebagai sarana bisnis, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Buka ISBN.org untuk mendapat nomor identifikasi UPC / ISBN.
2. Pada laman ISBN.org, kamu akan diminta untuk mengunggah data penting terkait bisnis seperti jenis barang, merek, dan data penting lainnya.
3. Setelah melakukan registrasi penuh, kamu akan mendapat barcode yang bisa dipasang pada bagian belakang produk.

2. Cara membuat barcode di laptop dan komputer secara online

foto: pexels.com

Pada dasarnya, cara ini bisa kamu lakukan jika ingin membuat barcode untuk keperluan pribadi yang tidak terlalu berat. Kamu bisa mengandalkan beberapa website penyedia jasa pembuat barcode. Salah satu website yang bisa kamu gunakan adalah createbarcodes.com. Untuk mulai membuat barcode dengan website tersebut, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Kunjungi createbarcodes.com pada browser laptop maupun komputer kamu.
2. Pada website tersebut, kamu bisa langsung membuat barcode sesuai keinginan.
3. Masukkan data yang diperlukan seperti Barcode Type, Barcode Data, Supplemental Data, Quick Set Magnification, Magnification, dan Bar Width Reduction.
4. Jika belum mengetahui semua komponen di atas, createbarcodes.com menyediakan informasi dengan logo i yang bisa kamu klik.
5. Setelah mengisi semua data yang diperlukan, pilih opsi untuk mendapatkan barcode. kamu bisa memilih Email (gambar barcode kualitas rendah), atau melakukan pembayaran (gambar barcode kualitas tinggi).


Advertisement


(brl/guf)