Cara jadi konten kreator tanpa modal hanya dengan 4 website AI ini

Advertisement

Techno.id - Menjadi seorang konten kreator merupakan salah satu profesi yang menjanjikan di era digital. Ditambah lagi dengan masifnya penggunaan sosial media, lahan pekerjaan satu ini semakin berpotensi untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Konten kreator dengan berbagai macam jenis niche pun sudah dapat kamu temui di laman sosial media, mulai dari yang menyuguhkan komedi, membahas misteri sampai cerita-cerita fiksi.

Pekerjaan konten kreator pun semakin banyak diminati, namun bagi sebagian orang ada beberapa hal yang bisa menjadi kendala untuk memulainya. Contohnya seperti kekurangan ide untuk dibahas, alat yang tidak mendukung, atau bahkan dari individunya yang memang tidak terlalu percaya diri untuk berbicara di depan kamera. Beberapa juga ada yang ingin membuat konten tapi terhalang oleh waktu sehingga tidak sempat untuk merekam video.

Beruntungnya, teknologi kecerdasan buatan (AI) hadir menawarkan solusi alternatif untuk membantu penggunanya menjadi seorang konten kreator. Teknologi AI dapat digunakan untuk membuat sebuah karya tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak, baik modal materi maupun moral. Dengan bantuan AI, siapapun bisa menciptakan konten visual yang menarik, menulis ide konten dengan cepat, juga melakukan promosi konten dengan efektif.

Belakangan ini AI memang sudah menjadi bahan perbincangan utama di bidang teknologi. AI dengan beragam jenis fungsi dan keahlian pun sudah bermunculan. Dengan mengombinasikan beberapa AI, setiap orang sudah bisa membuat konten video pendek yang menarik hanya dengan menyusun perintah di laman AI.

Dirangkum techno.id, Senin (3/4) cara menjadi konten kreator dengan 4 website AI, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Gunakan Chat GPT untuk menulis skrip konten

foto: chat.openai.com

Kemampuan Chat GPT sebagai model bahasa memungkinkan AI untuk membuat membuat skrip konten hanya dalam hitungan detik. Cukup masukkan perintah di kolom chat di website chat.openai.com sesuai dengan apa yang ingin dibahas.

2. Susun script menjadi video dengan Pictory AI

foto: app.pictory.ai

Setelah mendapatkan script dari Chat GPT, kunjungi website Pictory AI untuk menyusun script tersebut menjadi video. Daftarkan dulu akun email di laman tersebut, lalu pilih opsi "buat video menggunakan script" dan salin script di kolom yang tersedia sekaligus beri judul video yang diinginkan.

Setelah itu tinggal pilih template video yang dinginkan dan konten video dengan script sudah jadi. Pengguna juga bisa mengedit visual video sesuai dengan konteks yang akan diangkat.

3. Gunakan Synthesia IO untuk presenter video

foto: synthesia.io

Setelah video dengan script sudah ada, sebenarnya konten sudah jadi dan bisa disebarluaskan. Namun alangkah lebih menarik jika di dalam konten video tersebut terdapat presenter. Apabila pengguna enggan untuk menjadi presenter, Synthesia IO bisa digunakan untuk membuat presenter yang sepenuhnya menggunakan AI.

4. Gunakan Veed IO sebagai langkah terakhir untuk menggabungkan video

foto: veed.io

Setelah mendapatkan video dengan script dan video presenter AI, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menggabungkan kedua video tersebut. Video dengan script hasil buatan Pictory AI bisa menjadi latar belakang saat presenter AI membacakan script.

Itu dia tadi 4 website AI yang bisa digunakan untuk menjadi konten kreator dengan mudah tanpa harus mengeluarkan modal ata menampilkan wajah sendiri.

Magang: Millenia Rizki Ramadita

Advertisement


(brl/guf)