Cara format flashdisk yang tidak bisa diformat, aman dan bisa dilakukan sendiri

Advertisement

Techno.id - Flashdisk merupakan salah satu aksesori yang umum digunakan untuk menyimpan data. Flashdisk memiliki dimensi yang ringkas dan ringan, mudah dibawa ke mana saja. Saking mudahnya penggunaan aksesori penyimpanan satu ini, banyak orang yang memilih flashdisk sebagai opsi unggulan.

Salah satu permasalahan asat menggunakan flashdisk sebagai media penyimpanan yaitu tidak bisa diformat. Format flashdisk bertujuan untuk mengosongkan data di dalamnya.

Saat flashdisk tidak bisa diformat, tentu ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Tak bisa dibilang susah, cara untuk mengatasi flashdisk yang tidak bisa diformat dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur yang ada pada laptop, komputer, maupun perangkat lain.

Tak perlu berlama-lama, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (9/1), berikut cara format flashdisk yang tidak bisa diformat.

Cara format flashdisk yang tidak bisa diformat

Cara untuk memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat terbilang cukup mudah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Meski tidak semua cara bisa berhasil dilakukan, namun setidaknya kamu sudah mencobanya. Tak perlu basa-basi, simak ulasan berikut untuk mulai memformat flashdisk yang tidak bisa diformat.

1. Format flashdisk melalui Windows Explorer

foto: freepik.com

Cara satu ini termasuk cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu memanfaatkan fitur yang ada pada. Tak terlalu sulit, kamu bisa simak langkah berikut untuk mengatasi laptop tidak bisa diformat dengan memanfaatkan Windows Explorer.

1. Pasangkan flashdisk pada laptop maupun komputer yang kamu miliki.
2. Klik kanan pada partisi flashdisk kamu, kemudian pilih format.
3. Agar proses format bisa berjalan dengan maksimal, hilangkan centang Quick format.
4. Jika sudah, klik Start untuk mulai melakukan format pada flashdisk kamu.
5. Jika cara ini tidak berhasil, kamu bisa mengulangi langkah yang sama dengan laptop atau komputer yang memiliki USB lebih kencang.

2. Format flashdisk melalui Command Prompt

foto: freepik.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi flashdisk yang tidak bisa diformat adalah memanfaatkan menu Command Prompt. Sesuai namanya, Command Prompt merupakan salah satu fitur yang bisa digunakan sebagai sarana komunikasi antara setiap pengguna dengan perangkat yang ada. Untuk mulai memanfaatkan Command Prompt sebagai sarana memperbaiki flashdisk, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Pasangkan flashdisk yang kamu miliki pada laptop maupun komputer.
2. Buka Command Prompt pada perangkat yang kamu pakai dengan mencarinya di search bar.
3. Jika Command Prompt sudah terbuka, kamu bisa ketikkan DISKPART lalu Enter.
4. Ketikkan lagi list disk kemudian Enter. Akan muncul banyak disk, tak hanya flashdisk kamu, namun juga partisi penyimpanan lain.
5. Perhatikan mana disk yang merupakan flashdisk kamu kemudian ketikkan select disk (isi disk kamu) lalu Enter. Perlu diperhatikan, urutan setiap disk yang ada bisa jadi berbeda, maka dari itu, kamu perlu memastikan flashdisk kamu berada pada disk berapa pada Command Prompt.
6. Ketikkan clean kemudian Enter. Setelah prosesnya selesai, ketikkan lagi create partition primary lalu Enter.
7. Terakhir, ketikkan format fs=ntfs lalu Enter.
8. Secara otomatis laptop atau komputer yang kamu gunakan akan mulai melakukan format pada flashdisk yang ada. Tunggu saja hingga prosesnya selesai.

3. Format flashdisk melalui HP USB Disk Storage Format Tool

foto: freepik.com

Cara satu ini bisa jadi termasuk cukup mudah untuk dilakukan. Bagaimana tidak, HP USB Disk Storage Format Tool merupakan sebuah aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk memformat flashdisk yang kamu miliki dengan cukup mudah. Kamu bisa mendownload HP USB Disk Storage Format Tool secara gratis di beberapa website penyedia aplikasi terpercaya. Untuk menghemat waktu, kamu bisa simak penjelasan berikut terkait cara penggunaan HP USB Disk Storage Format Tool.

1. Download aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool pada laptop atau komputer yang akan kamu gunakan untuk melakukan format pada flashdisk.
2. Setelah aplikasi terdownload, lakukan penginstalan sesuai instruksi yang ada.
3. Pasangkan flashdisk pada perangkat yang telah terinstal HP USB Disk Storage Format Tool, lalu buka aplikasi tersebut.
4. Pada bagian Devices, pilih flashdisk yang kamu miliki.
5. Sedangkan pada bagian File system, pilih FAT32.
6. Agar proses format bisa berjalan dengan maksimal, unchecklist bagian Quick Format kemudian kamu bisa klik Start untuk mulai memformat flashdisk.
7. Proses format mungkin akan sedikit lama, kamu bisa menunggunya hingga selesai.


Advertisement


(brl/guf)