11 Aplikasi GPS selain Google Maps, cocok buat pulang kampung

Advertisement

Techno.id - Mudik merupakan salah satu perjalanan yang sering dilakukan ketika hari raya sudah semakin dekat. Dengan tujuan bertemu sanak saudara di kampung halaman, mudik menjadi salah satu perjalanan yang paling dinanti-nantikan.

Dalam melakukan perjalanan mudik, tidak jarang orang yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk memudahkan akses yang diinginkan. Bagi sebagian orang, mudik akan terasa lebih aman jika menggunakan aplikasi penunjuk arah.

Penggunaan Google Maps tentunya sudah sangat sering dijumpai untuk menunjukkan arah yang akurat pada sebuah perangkat. Namun ada berbagai aplikasi penunjuk arah lainnya yang dapat digunakan sebagai pengganti Google maps.

Aplikasi apa saja itu, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber, 11 aplikasi GPS selain Google Maps yang cocok digunakan sebagai penunjuk arah saat pulang kampung.

1. Yandex Maps.

foto: play.google.com

Yandex Maps adalah aplikasi ekosistem Yandex yang berfungsi untuk menunjukkan arah ke berbagai tujuan dengan akurat. Penggunaan aplikasi Yandex Maps sama seperti penggunaan Google Maps.

Kamu hanya perlu mengetikkan atau memilih lokasi yang ingin kamu kunjungi pada peta. Maka secara otomatis Yandex Maps akan memberikan rute yang kamu inginkan.

2. Waze.

foto: play.google.com

Waze juga bisa kamu gunakan untuk menunjukkan berbagai lokasi yang ingin kamu tuju dengan mudah dan cepat. Berbagai fitur unggulan pada Waze bisa kamu gunakan untuk mengetahui daerah mana yang kiranya ramai.

Kamu bisa menghindari jalur tersebut untuk menghindari kemacetan yang mungkin ditimbulkan. Waze juga memiliki speedometer yang akan menunjukkan kecepatan berkendara yang kamu lakukan.

3. Geo Tracker - GPS tracker.

foto: play.google.com

Geo Tracker - GPS tracker juga bisa kamu gunakan untuk menunjukkan rute terbaik ketika kamu dalam perjalanan mudik. Berbagai tampilan lengkap pada Geo Tracker - GPS tracker memberikan berbagai informasi yang kamu perlukan.

Kamu bisa menggunakan jalur yang mungkin belum pernah kamu lalui sebelumnya dengan aman menggunakan Geo Tracker - GPS tracker. Panduan yang lengkap dari Geo Tracker - GPS tracker akan memberikan keselamatan bagi pengguna aplikasi ini.

4. OsmAnd — Maps & GPS Offline.

foto: play.google.com

OsmAnd adalah alternatif aplikasi GPS lain yang bisa kamu gunakan sebagai penunjuk arah ketika dalam perjalanan mudik. Berbagai fitur unggulan pada OsmAnd seperti penampil medan yang dilalui bisa kamu gunakan untuk mengetahui kontur jalan yang akan kamu gunakan.

Fitur unggulan lain dari OsmAnd adalah peta offline yang bisa kamu gunakan ketika dalam kondisi tertentu seperti, jaringan hilang, paket data habis, dan lain sebagainya.

5. Polaris GPS.

foto: play.google.com

Polaris GPS juga bisa kamu gunakan sebagai penunjuk arah ketika sedang mudik. Tidak hanya jalur aspal, Polaris GPS juga bisa digunakan di berbagai medan seperti gunung, laut, dan lain sebagainya.

Aplikasi multifungsi ini bisa kamu gunakan dengan mudah dan gratis pada perangkat yang kamu miliki. Kamu hanya perlu melakukan instalasi aplikasi Polaris GPS dengan mengunduhnya di Play Store.

6. Karta GPS Navigation & Traffic.

foto: play.google.com

Karta GPS Navigation adalah aplikasi GPS lain yang bisa kamu gunakan untuk menunjukkan arah ketika sedang mudik. Kamu akan mendapatkan berbagai notifikasi salah satunya pencarian rute tercepat.

Kamu bisa mendapatkan rute tercepat menggunakan Karta GPS Navigation agar kamu semakin cepat sampai pada tujuan yang ingin kamu kunjungi.

7. Avenza Maps.

foto: play.google.com

Avenza Maps juga bisa kamu gunakan sebagai penunjuk arah ketika sedang mudik. Salah satu fitur unggulan yang ada pada Avenza Maps adalah peta offline yang bisa kamu gunakan dengan mudah.

Selain menghemat paket data, kamu juga menghemat baterai pada perangkat yang kamu gunakan. Kamu juga bisa menggunakan fitur lain seperti Mark spot untuk menandai lokasi kamu berangkat dan sampai.

8. HERE WeGo.

foto: play.google.com

HERE WeGo juga bisa kamu gunakan sebagai alternatif Google Maps ketika sedang melakukan perjalanan jauh seperti mudik. Tampilan sederhana pada aplikasi ini memudahkan pengguna baru untuk mempelajarinya.

Akurasi maps di HERE WeGo juga cukup baik untuk digunakan. Kamu tidak perlu khawatir tersesat jika melakukan perjalanan jauh menggunakan aplikasi HERE WeGo.

9. zenly.

foto: play.google.com

zenly adalah alternatif aplikasi penunjuk arah yang bisa kamu gunakan untuk menunjukkan tujuan yang ingin kamu tuju bersama teman.

Kamu dan teman atau keluargamu bisa saling terhubung satu sama lain menggunakan zenly. Kemungkinan terpisah dari rombongan akan diminimalisir jika kamu menggunakan zenly.

10. Petal Maps.

foto: play.google.com

Petal Maps merupakan aplikasi penunjuk arah lain yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti Google Maps. Kamu bisa menggunakan Petal Maps untuk menunjukkan lokasi dengan temanmu.

Fitur lain yang ada pada Petal Maps adalah map offline yang bisa kamu gunakan tanpa menggunakan paket data. Kamu bisa menghemat baterai sekaligus paket data yang ada pada perangkat yang kamu miliki.

11. Sygic GPS Navigation & Maps.

foto: play.google.com

Sygic GPS Navigation & Maps juga merupakan aplikasi penunjuk arah yang akurat. Kamu bisa menggunakan Sygic GPS Navigation & Maps untuk memandu proses mudik yang kamu lakukan.

Speedometer yang ada pada Sygic GPS Navigation & Maps juga memberikan informasi tambahan mengenai kecepatan berkendara yang kamu lakukan.

Advertisement


(brl/tin)