Tak perlu kunci pintu untuk menjaga rumah tetap aman

Advertisement

Techno.id - Berbagai macam kasus kejahatan sudah marak terjadi di sekitar Anda. Beberapa di antaranya kasus perampokan atau pembobolan rumah. Berhubung sebentar lagi warga muslim akan menjalani mudik lebaran, pasti banyak rumah yang kosong karena ditinggal pulang kampung. Momen ini biasanya dimanfaatkan perampok untuk menggasak rumah yang ditinggal penghuninya. Nah, August selaku produsen peralatan elektronik rumah tangga mencoba menciptakan rasa aman dan nyaman dengan sebuah kunci pintar yang disebut August Smart Lock.

Kunci pintar buatan August tidak membutuhkan kunci sebagai pengaman pintu rumah, melainkan hanya menggunakan smartphone. Berkat teknologi Bluetooth Low Energy yang disematkan di August Smart Lock, smartphone Android dan iOS bisa dengan leluasa mengontrol sistem buka tutup rumah. Ya, Anda cukup mengunduh aplikasinya di PlayStore dan AppStore, maka semua keamanan rumah ada dalam genggaman Anda.

Salah satu fitur yang membuat pengguna jatuh hati dengan August Smart Lock, seperti dapat membuka dan mengunci secara otomatis menggunakan sensor jarak. Jadi, ketika Anda pulang ke rumah, Anda tidak perlu repot mencari kunci di saku karena kunci pintar ini bisa mengenali tuan rumah dari smartphone yang dia bawa. Begitu, tuan rumah mendekat August Smart Lock akan membuka dan akan mengunci otomatis ketika tuan rumah menjauh.

Lebih menarik lagi, karena aplikasi August Smart Lock mampu mengenali beberapa anggota keluarga di rumah. Misalkan, Anda memiliki istri dengan dua orang anak. Empat orang yang selalu keluar masuk rumah ini bisa ditambahkan ke dalam daftar pengguna August Smart Phone. Jadi, mereka bisa leluasa ke luar rumah tanpa harus meminta ijin dari salah satu anggota keluarga. Hebatnya lagi, aplikasi kunci pintar juga bisa memantau siapa saja yang keluar masuk disertai keterangan waktu dan tanggal.

Anda tak akan kesulitan untuk memasang August Smart Lock ke pintu rumah. Pasalnya, kunci pintar ini sudah didesain sedemikian rupa untuk memudahkan pengguna dalam melakukan instalasi. Pengguna juga tak perlu khawatir jika listrik rumah Anda sering mati, karena August Smart Lock tidak memerlukan sumber daya listrik besar. Kunci pintar ini hanya membutuhkan empat baterai AA untuk membuatnya terus aktif. Selain itu, ketika baterainya sudah mau habis, August Smart Lock akan memberitahu tuan rumah.

Beberapa konsumen yang telah mencicipi August Smart Lock mengatakan bahwa kunci pintarnya lebih simpel dari kunci tradisional. Mereka juga tak kesulitan memasangnya pada pintu rumah karena disediakan petunjuk yang mudah dipahami. Namun, ada pula pengguna yang mengatakan August Smart Lock kurang aman. Pasalnya, dia pernah mengalami kejadian kunci pintarnya membuka sendiri tanpa sepengetahuannya. Sehingga dia tetap menambahkan kunci tambahan untuk membuatnya lebih aman. Hal ini yang menjadikan August Smart Lock tidak efisien untuk digunakan karena harus kerja dua kali untuk mengamankan rumah.

Terlepas dari itu semua, August Smart Lock memang terlihat simpel dan aman untuk rumah Anda. Jadi tak ada salahnya apabila Anda juga memilikinya di rumah untuk fitur keamanan dan kenyamanan. August Smart Lock telah tersedia di Amazon dengan empat pilihan warna, yakni silver, hitam, merah, dan champagne. Setiap warna memiliki harga yang bervariasi. Untuk warna silver dan hitam dibanderol dengan harga sekitar Rp 2,8 juta, sedangkan warna merah dan champagne dibanderol sekitar Rp 3,2 juta.

Advertisement


(brl/red)