11 Platform untuk mengunci aplikasi Android, bisa bantu jaga privasi

Advertisement

Techno.id - Keamanan privasi pengguna memang tengah menjadi sorotan. Para vendor gadget maupun pembuat sistem operasi akan selalu berinovasi agar perangkat tidak mudah diretas. Bahkan saat ini banyak bermunculan aplikasi yang menawarkan anti virus dan malware untuk perangkat. Tentu platform tersebut sangat berguna agar pengguna terhindar dari peretasan para hacker.

Memasang aplikasi antivirus pada smartphone seakan menjadi sebuah kewajiban. Karena aplikasi tersebut membantu penguna menjaga data file penting tidak terkena hack. Akan tetapi selain menginstal anti virus, pengguna juga memerlukan aplikasi pengunci. Ya, platform penguncian terhadap aplikasi dapat digunakan agar orang lain tidak mudah meretas perangkat secara langsung.

Penguncian aplikasi diperlukan agar orang lain tidak bisa membuka aplikasi yang dimiliki secara sembarangan. Lalu apa saja aplikasi pengunci yang bisa di instal oleh pengguna? Pada kesempatan ini techno.id akan memberikan 11 platform untuk mengunci aplikasi di Android yang dihimpun dari berbagai sumber pada Kamis (29/9).

1. LOCKit.

foto: apkpure.com

LOCKit merupakan platform untuk mengunci aplikasi dengan sistem keamanan PIN, fingerprint, dan pattern. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengunci folder berupa dokumen, foto maupun video pengguna. Pengguna dapat mengunduh aplikasi secara gratis melalui Google Play Store.

2. AppLock Go.

foto: play.google.com

AppLock Go adalah aplikasi pengunci selanjutnya yang bisa digunakan oleh pengguna secara gratis dan aman. Platform tersebut memiliki sistem keamanan pola tak terlihat. Maksudnya pengguna dapat memasukan sandi atau kolom password tanpa terlihat. Hal tersebut tentu membantu pengguna terhindar dari orang lain mengintip sandi.

3. KeepLock.

foto: apkpure.com

Aplikasi KeepLock bisa digunakan untuk mengunci berbagai platform software smartphone termasuk media sosial. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menjaga data privasi pengguna seperti foto, video maupun dokumen penting lainnya. Sistem keamanan yang digunakan aplikasi ini adalah sidik jari, pola, dan PIN.

4. Ultra AppLock.

foto: play.google.com

Aplikasi Ultra AppLock dapat memberikan keamanan dan pengujian pada program smartphone pengguna. Aplikasi memiliki sistem pengecoh, dengan menyatukan software dengan bentuk kalkulator. Kemudian apabila aplikasi dapat dibobol, maka sistem akan mencoba mengambil foto pelaku melalui kamera depan. Selain sebagai aplikasi pengunci, Ultra AppLock memiliki fitur untuk menghemat baterai perangkat.

5. AppLock Pro - Eywin Apps.

foto: apkpure.com

AppLock Pro bentukan Eywin Apps menjadi platform untuk penguncian media sosial. Dengan aplikasi ini pengguna dapat mengunci platform media sosial maupun aplikasi lain secara mudah. Sistem keamanan yang dimiliki platform ini antara lain PIN, password, pola dan knock code lock. Lebih lanjut, aplikasi keamanan ini membawa fitur timer yang memungkinkan pengguna mengaktifkan sandi dalam jangka waktu tertentu. Aplikasi ini juga mempunyai sistem otomatis untuk memfoto pelaku apabila terdapat indikasi peretasan perangkat.

6. AppLock Fingerprint.

foto: play.google.com

Seperti namanya, aplikasi ini dapat memberikan fitur keamanan fingerprint pada program yang dipilih. Selain sistem keamanan sidik jari, terdapat fitur penguncian sandi pattern, PIN, dan pola. Aplikasi juga mempunyai sistem keamanan apabila perangkat diretas oleh orang lain. Secara otomatis aplikasi akan membuka kamera dan memfoto siapa pelakunya. Kemudian platform akan mengirimkan hasil tangkapan melalui email pengguna.

7. AppLocker Lock Apps - BGN Mobi

foto: play.google.com

AppLock memiliki fungsi tak jauh berbeda dengan platform lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengunci program software smartphone, dan berbagai file di dalamnya. Platform ini mendukung sistem penguncian fingerprint, pattern dan PIN. Selain itu, aplikasi ini mempunyai segudang tema untuk memberikan kesan menarik pada interfacenya.

8. AppLock SailingLab

foto: apkpure.com

Aplikasi penguncian bentukan Sailing Lab ini memiliki fungsi memberikan sandi pada platform media sosial, galeri, maupun aplikasi lainnya. Sistem keamanan yang diberikan aplikasi ini berupa PIN dan pola. Terdapat beberapa tema menarik bisa digunakan pengguna agar interface lebih menarik.

9. AppLock IVYMOBILE

foto: apkpure.com

Aplikasi penguncian dari IVYMOBILE dapat digunakan untuk lock semua platform yang ada pada smartphone. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengunci folder-folder penting yang telah tersimpan. Sistem keamanan dari perangkat ini berupa password dan pattern. Lebih lanjut, developer aplikasi memberikan beberapa tema menarik yang bisa digunakan.

10. Smart AppLock (App Protect).

foto: apkpure.com

Smart AppLock merupakan aplikasi populer yang digunakan pengguna Android. Aplikasi ini dapat melakukan penguncian program terutama pada media sosial. Selain aplikasi media sosial, aplikasi dapat dipakai untuk penguncian kontak, log panggilan, dan SMS. Sistem keamanan yang dipakai aplikasi ini ada PIN, pola, pattern, dan fingerprint.

11. Vault Apk.

foto: apkpure.com

Aplikasi Vault Apk yang dikembangkan oleh Wafer Co. merupakan platform untuk penguncian program smartphone. Aplikasi ini dapat melakukan pengaturan kunci pada semua aplikasi termasuk log panggilan, kontak, bahkan browser. Aplikasi ini juga dapat memberikan informasi apabila perangkat terindikasi mengalami peretasan. Pengguna akan diberikan foto pelaku dan notifikasi keamanan ketika perangkat dibobol.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengunci aplikasi. Berbagai platform tersebut dapat diunduh melalui Google Play Store secara gratis. Bahkan penggunaannya pun terbilang mudah.


Advertisement


(brl/guf)