11 Aplikasi podcast di iPhone dan Android, rekam obrolan jadi mudah

Advertisement

Techno.id - Podcast merupakan salah satu media komunikasi dua arah yang kini sedang naik daun. Tak hanya orang berpengaruh, beberapa artis papan atas khususnya di Indonesia juga sudah mulai merambah industri podcast. Beragam kisah seru, haru, hingga menginspirasi menjadi alasan banyak orang mulai menggemari podcast.

Sebagaimana yang kerap kali nampak pada layar kaca perangkat setiap pengguna, untuk membuat podcast tentu diperlukan persiapan yang matang. Tidak hanya dari segi materi, komponen pendukung seperti piranti podcast juga perlu mendapat perhatian.

Selain mengincar kejernihan dan kejelasan suara, penggunaan alat yang proporsional juga menambah kesan profesional. Namun yang demikian itu tentu memerlukan modal yang bisa dibilang tidak sedikit.

Untuk mengatasi masalah tersebut, hadirlah berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan keperluan podcast. Ponsel pintar baik iPhone maupun Android sudah lebih dari mampu jika digunakan untuk menjalankan beragam aplikasi podcast yang ada.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (20/10), 11 aplikasi podcast di iPhone dan Android.

1. Apple Podcasts

foto: apple.com

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah keperluan podcast adalah Apple Podcasts. Sesuai namanya, Apple Podcasts hanya bisa kamu gunakan pada perangkat iPhone maupun iPad. Salah satu nilai jual utama dari Apple Podcasts ada di bagian fitur. Tidak hanya itu, Apple Podcasts juga bisa kamu gunakan secara gratis hanya dengan mendownload aplikasi satu ini.

2. iTunes

foto: apple.com

Bagi kamu pengguna perangkat dari Apple, tentu sudah tidak asing dengan aplikasi satu ini. Tak hanya bisa digunakan untuk mendengar dan membuat podcast, iTunes juga cocok untuk mendengarkan musik, menonton filem, hingga menyaksikan siaran TV. Tidak hanya tersedia untuk perangkat dari Apple, iTunes juga bisa dinikmati bagi pengguna Windows baik di laptop maupun komputer.

3. Spotify

foto: apple.com

Kamu tentu sudah tidak asing dengan aplikasi satu ini. Spotify merupakan salah satu aplikasi pemutar musik yang bisa diakses secara online maupun offline. Dengan aplikasi satu ini, kamu tidak hanya bisa mendengarkan musik, namun juga podcast. Selain itu Spotify juga memberikan keleluasaan bagi setiap penggunanya untuk membuat podcast mereka.

4. Anchor – Buat Podcast

foto: apple.com

Jika ingin menjajal aplikasi lain, tidak ada salahnya untuk mendownload Anchor. Aplikasi satu ini tak hanya tersedia untuk iPhone, namun juga perangkat Android. Tidak sebatas mendukung banyak perangkat, Anchor juga dibekali segudang fitur menarik seperti 100% free hosting, create without constraints, grow your audience, dan masih banyak lagi.

5. Audible

foto: apple.com

Audible adalah salah satu aplikasi podcast yang tidak hanya bisa digunakan pada perangkat iPhone, namun juga Android. Pada dasarnya, Audible merupakan aplikasi yang dirancang untuk keperluan baca buku. Namun seiring perkembangannya, Audible menjadi aplikasi yang merambah ke dunia podcast.

6. Podbean Podcast App & Player

foto: apple.com

Jika ingin mencoba aplikasi lain, tidak ada salahnya untuk menginstal Podbean Podcast App & Player. Aplikasi satu ini tak hanya bisa dioperasikan pada iPhone, namun juga Android. Beberapa fitur menarik juga terdapat pada aplikasi ini seperti audio effects, automation, audio recorder, audio live streaming, dan lain sebagainya bisa kamu gunakan secara gratis dalam satu aplikasi ini.

7. Google Podcasts

foto: play.google.com

Aplikasi lain yang bisa kau gunakan untuk mempermudah keperluan podcast adalah Google Podcasts. Aplikasi satu ini sudah bisa kamu gunakan pada perangkat iPhone maupun Android. Tak hanya itu, Google Podcasts juga memboyong beragam fitur menarik seperti Discover podcasts that you'll love, Customize your listening experience, Listen wherever you are, dan masih banyak lagi.

8. NOICE | Podcast, Radio & More

foto: play.google.com

Jika ingin mencoba aplikasi podcast lain, tidak ada salahnya untuk mendownload NOICE. Tidak hanya bisa digunakan untuk mendengar atau membuat podcast, NOICE juga memiliki fungsi lain seperti mendengarkan program radio, audiobook, dan audioseries. Jika ingin menggunakan NOICE, kamu bisa download aplikasi ini secara gratis hanya dengan mengunjungi App Store dan Play Store.

9. Podcast Addict: Podcast player

foto: play.google.com

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Podcast Addict hanya bisa kamu gunakan pada perangkat Android saja. Meski belum mendukung multi devices, Podcast Addict memiliki fitur yang bisa dibilang menarik. Kamu bisa menggunakan fitur utama seperti Search by podcast name or keywords, Use the search engine of your choice, Browse popular podcasts by category, dan masih banyak lagi.

10. Podcast Player

foto: play.google.com

Aplikasi lain yang perlu kamu jajal untuk mempermudah keperluan podcast di Android adalah Podcast Player. Soal fitur, Podcast Player mampu bersaing dengan beragam aplikasi podcast lain. Kamu bisa menggunakan fitur utama seperti Offer podcasts from 70+ countries & languages, Control playing from multiple widgets, Share podcast with your friends, dan masih banyak lagi.

11. Pocket Casts - Podcast Player

Sebagai penutup, techno.id merekomendasikan Pocket Casts untuk kamu coba sebagai aplikasi podcast baik di iPhone maupun Android. Secara umum, penggunaan Pocket Casts tak jauh berbeda dengan aplikasi podcast lainnya. Fitur menarik juga diboyong oleh Pocket Casts seperti Variable speed, Volume boost, Auto download, dan masih banyak lagi yang bisa kamu gunakan secara gratis.


Advertisement


(brl/guf)