XL siapkan aplikasi penantang WhatsApp dan Line?

XL siapkan aplikasi penantang WhatsApp dan Line?

Techno.id - Kehadiran teknologi terbaru biasanya langsung dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang terus meningkat, termasuk teknologi komunikasi 4G LTE. Teknologi berbasis internet cepat ini disebut-sebut bakal mampu mendukung koneksi data multimedia dan pengiriman file berkapasitas besar.

XL Axiata mengaku berusaha membuat aplikasi smartphone yang bisa dipakai berkomunikasi pesan, panggilan suara, panggilan video, berbagi lokasi hingga berbagi file berukuran besar. Aplikasi ini dinamai XL RCS (Rich Communication Suite over LTE) yang merupakan kerjasama dengan vendornya dan sedang menjalani tahap uji coba.

Ongki Kurniawan, Direktur/Chief Service Management Officer XL mengungkapkan aplikasi ini dirancang khusus bagi pengguna yang telah memanfaatkan layanan 4G LTE karena tidak berjalan optimal di 3G. Aplikasi XL RCS rencananya disediakan bagi semua pelanggan 4G XL yang menggunakan perangkat Android dan iOS.

Lebih jauh, Ongki menyatakan aplikasi yang disediakannya ini akan dibekali tingkat keamanan yang tinggi serta kualitas layanan yang baik. RCS hanya akan berjalan secara optimal di jaringan LTE. Ini embedded di jaringan kita jadi akan lebih aman, jelas Ongki kepada wartawan di Kantor Pusat XL, Jakarta.

Ketika dijajal, aplikasi XL RCS mampu menghubungkan dua pengguna melalui jaringan 4G LTE XL secara lancar dengan suara jernih baik menggunakan panggilan suara atau video. Meski begitu, perusahaan mengaku tak menyediakan aplikasi ini untuk melawan layanan over the top (OTT) lain yang sudah lebih populer seperti WhatsApp, Line, dan sebagainya.

Soal tarif, XL mengaku punya rencana berkaitan skema tarif untuk pelanggan yang berkomunikasi baik panggilan suara atau video memakai XL RCS. Masih kita bicarakan sekarang, belum ditentukan jadi belum final. Kita maunya aplikasi ini sudah bisa dinikmati pelanggan kita maksimal tahun 2016, tutup Ongki.

(brl/red)