XL redam 32 persen keluhan pelanggan selama lebaran

XL redam 32 persen keluhan pelanggan selama lebaran

Techno.id - Operator telekomunikasi XL mengalami kenaikan trafik pada saat musim lebaran. Dilansir dari Merdeka.com (19/07/15), berdasarkan laporan dari pihak XL, kenaikan tertinggi trafik sebesar 11 persen dimulai pada dua hari menjelang Idul Fitri dibandingkan hari-hari biasa.

Sebagai perbandingan dengan tahun sebelumnya, kenaikan trafik data pada Lebaran tahun ini meningkat 41 persen dibandingkan dengan Lebaran 2014 yang lalu. Hal ini menunjukkan jika kualitas jaringan XL juga terjaga dengan baik. Sehingga jumlah keluhan mengalami penurunan sebesar 32 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan mengatakan jaringan XL berhasil melalui masa-masa kenaikan trafik sepanjang Ramadan hingga puncak Lebaran dengan lancar.

"Kelancaran ini tidak terlepas dari keseriusan seluruh tim XL, termasuk juga dengan menerapkan sejumlah perangkat canggih dalam sistem pemantauan jaringan di seluruh wilayah layanan, yang didukung juga oleh kehandalan jaringan dan sistem billing yang telah kami persiapkan untuk menerima peningkatan trafik selama Ramadan dan Lebaran," ungkapnya dikutip dari Merdeka.com.

Ongki menambahkan jika dalam tiga tahun terakhir terlihat pergeseran kebiasaan pelanggan dalam menggunakan layanan komunikasi. Dikatakannya, jika pemakaian layanan percakapan telepon (voice) dan SMS berkurang. Dibandingkan trafik pemakaian di hari-hari biasa, tercatat penggunaan layanan voice turun hingga 35 persen dibanding hari-hari biasa, sedangkan untuk SMS turun hingga sekitar 40 persen.

Perubahan ini disebabkan karena pergeseran kebiasaan pelanggan yang saat ini lebih memilih menggunakan layanan media jejaring sosial dan layanan sejenis instant messenger dalam melakukan komunikasi selama menjelang Idul Fitri. Sehingga terlihat dari kenaikan trafik penggunaan layanan komunikasi berbasis digital terus meningkat.

Sementara itu, pada hari menjelang Lebaran, sekitar 26 persen dari pelanggan XL di wilayah Jabodetabek terpantau berpindah lokasi ke luar kota. Jika dibandingkan dengan jumlah pelanggan di saat hari-hari biasa, perpindahan tertinggi terjadi menuju ke Jawa Tengah (kenaikan jumlah pelanggan tertinggi terjadi di Tegal sebesar 65 persen, disusul kenaikan di Pekalongan dan Kebumen), Jawa Timur (kenaikan tertinggi terjadi di Madura sebesar 300 persen, diikuti dengan Blitar dan Jombang) serta Jawa Barat dan Banten (kenaikan 30 - 40 persen terjadi di Sukabumi, Tasikmalaya, Pandeglang dan Cilegon).

Perpindahan pelanggan XL juga terjadi di beberapa tempat di luar pulau Jawa yaitu, Sumatera, paling banyak menuju Bukit Tinggi (80 persen), Lampung dan Muara Bungo. Sementara di Kalimantan, kenaikan tertinggi di Pontianak (25 persen), serta kenaikan jumlah pelanggan di Lombok terjadi di Selong (80 persen).

(brl/red)