XL dorong nelayan Pamekasan adopsi teknologi digital lewat mFish

XL dorong nelayan Pamekasan adopsi teknologi digital lewat mFish

Techno.id - PT XL Axiata Tbk (XL) kembali memberi dukungan terhadap nelayan untuk meningkatkan produktivitas mereka. XL menggandeng Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura dalam kerja sama implementasi pemanfaatan sarana digital 'mFish'.

Program pemanfaatan sarana digital mFish XL di Pamekasan melibatkan 110 orang nelayan di enam desa. Penerima bantuan paket aplikasi mFish tersebut akan langsung dapat memakainya sebagai pemandu dalam menjalani profesi mereka.

Wakil Bupati Pamekasan, Kholil Asyari secara simbolis meluncurkan program kerja sama bertema Sinergi mFish dan Perikanan yang Berkelanjutan tersebut dengan menyerahkan perangkat pendukung aplikasi mFish kepada perwakilan nelayan di Pamekasan. Kerja sama serupa segera dilakukan bersama dua pemerintah kabupaten di Madura lainnya.

"Alhamdulillah, akhirnya implementasi program mFish di Kabupaten Pamekasan ini dapat kami wujudkan. Kami berharap, dengan menggunakan aplikasi mFish, masyarakat nelayan Pamekasan akan mampu meningkatkan hasil tangkapan mereka, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kualitas hidup," kata Desy Sari Dewi, Vice President East Region XL.

Desy menambahkan, seiring dengan visi pemerintah untuk menyediakan Desa Broadband di berbagai penjuru Tanah Air, aplikasi mFish dari XL saat ini telah memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di beberapa lokasi di Lombok dan Bali. Karena itu, XL berharap manfaat yang sama bisa didapatkan oleh nelayan di Madura.

Dalam kerja sama tersebut, nelayan penerima paket mFish akan mendapatkan gratis biaya paket data selama 6 bulan. Paket tersebut berupa handset dengan aplikasi mFish di dalamnya, paket data sebesar 1GB per bulan, serta alat pengisi baterai tenaga surga.

Aplikasi mFish sendiri memiliki fitur yang menyediakan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, melalui aplikasi canggih tersebut, nelayan juga bisa saling berkomunikasi.

Melalui kerja sama ini, Dinas kelautan dan Perikanan setempat juga akan bisa mendapatkan data riil dari nelayan. Data tersebut mencakup harga ikan, serta jumlah tangkapan dalam jangka waktu tertentu.

Supaya nelayan mampu menggunakan peralatan digital tersebut secara efektif, XL menyediakan pendampingan selama enam bulan. Akan ada petugas yang secara rutin mendatangi nelayan untuk melakukan pendampingan sekalian menjaga tingkat efektivitasnya.

Setelah Kabupaten Pamekasan, menyusul segera XL akan menandatangai kerja sama mFish dengan Pemkab Bangkalan dan Pemkab Sumenep. Dengan demikian total tidak kurang dari 350 paket mFish akan dimanfaatkan di Madura pada tahap awal ini. XL berharap, penggunaan sarana digital ini akan terus meluas.

Untuk itu, menurut Desy, XL berkomitmen akan terus meningkatkan kualitas layanan mFish ini, antara lain dengan memperkaya fitur yang ada sehingga akan semakin membantu nelayan. Juga, dengan memastikan kualitas informasi sehingga tingkat akurasinya semakin tinggi.

Dari sisi jaringan pendukung, XL memiliki jaringan yang sangat memadai di seluruh Madura. Hal ini terbukti dari loyalitas masyarakat Madura yang menggunakan XL. Di Pulau Garam ini, XL adalah operator dengan jumlah pengguna terbanyak, yaitu sekitar 1,37 juta pelanggan. Total ada 795 BTS di seuluruh Madura, dan sebanyak 380 di antaranya adalah BTS 3G.

(brl/red)