Tiga fokus utama Telkom tahun 2015

Tiga fokus utama Telkom tahun 2015

Techno.id - Salah satu perusahaan terbesar telekomunikasi di Indonesia Telkom, memaparkan tiga fokus utamanya yang akan dilakukan pada tahun 2015 ini, seperti yang dilansir dari Merdeka.com (18/04/15).

Fokus utama dari telkomsel yang pertama adalah Telkomsel 'Maintain Double Digit Growth'. Fokus yang ini menjanjikan pengalaman mobile digital lifestyle terbaik dengan pengembangan layanan 4G-LTE yang sudah diluncurkan pada Desember 2014 lalu. Bahkan layanan ini sudah beroperasi di lima kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bali, bandung, Surabaya dan Medan. Apalagi Telkomsel akan menambah pengoperasian layanan di Makassar dan Manado melengkapi target tujuh kota yang ditetapkan perusahaan.

Fokus keduanya adalah di tahun 2015 adalah Indonesia Digital Network 'Drive Digital Business'. Telkom menyadari jika ingin menjadi The King of Digital, pembangunan infrastruktur dan penyediaan konektivitas adalah hal yang sangat penting, untuk itu melalui tiga komponen IDN yaitu Id Access, Id Ring dan Id Con, Telkom akan menghadirkan digitalisasi di Indonesia.

Fokus utama ketiganya adalah International Expansion 'Stretch & Expand International Business'. Pada tahun 2014, Telkom sudah melakukan ekspansi bisnis Global dan menargetkan footprint di 10 negara, Telkom telah berhasil menjalankan bisnisnya di Singapura, Hong Kong, Timor Leste, Australia, Myanmar, Malaysia, Taiwan, Macau, USA dan Saudi Arabia. Dalam menjalankan ekspansi bisnis international, Telkom menerapkan MPTN entry strategy, yaitu business follows the Money, business follows the People, business follows the Traffic dan business follows the Network.

Lalu untuk mendukung bisnis international, melalui entitas anak, Telin, telah bekerjasama dan tergabung dengan perusahaan telekomunikasi global melalui konsorsium SEA-US (South East Asia United States) yang membangun jaringan infrastruktur telekomunikasi internasional. Nantinya, proyek SEA-US akan terhubung dengan proyek SEA-ME-WE 5 (South East Asia Middle East West Europe), melalui sistem komunikasi kabel laut 'Indonesia Global Gateway (IGG)' yang akan digelar sepanjang Dumai - Manado.

Di samping itu, menurut Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga tahun 2014 lalu Telkom berhasil meraih pendapatan usaha sebesar Rp 89,7 triliun atau meningkat sebesar 8,1 persen dibandingkan pendapatan usaha yang diperoleh pada periode yang sama pada tahun sebelumnya. Sedangkan EBITDA Telkom tumbuh 9,7 persen menjadi Rp 45,8 triliun dan laba bersih naik 3,0 persen menjadi Rp 14,6 triliun. Tiga fokus perusahaan itulah yang membawa Telkom mendapatkan pendapatan sebesar itu di tahun 2014 lalu. Oleh sebab itu, Telkom akan melanjutkan tiga fokus perusahaan ini di tahun 2015, seperti yang dikutip dari Merdeka.com (18/04/15).

(brl/red)