Telkomsel siap lonjakan trafik Natal dan Tahun Baru

Telkomsel siap lonjakan trafik Natal dan Tahun Baru

Techno.id - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 Telkomsel menyatakan kesiapannya menghadapi peningkatan trafik. Upaya menyiapkan lonjakan trafikoleh operator telekomunikasi mobile terbesar di Indonesia itu dilakukan dengan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia.

Perusahaan ini mengklaim telah melakukan uji jaringan di beberapa area maupun jalur utama yang diprediksi menjadi pusat keramaian, seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Fokus uji jaringan dilakukan ke layanan data, yang saat ini penggunaannya terus mengalami peningkatan dari tahun dan ke tahun.

"Periode akhir tahun merupakan periode di mana kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, khususnya dalam layanan data. Seiring dengan terus meningkatnya penggunaan layanan data dari tahun ke tahun, fokus kami ialah memberikan layanan dengan kualitas yang prima, sehingga para pelanggan akan mendapatkan pengalaman terbaik ketika menggunakan layanan data Telkomsel," kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel dalam keterangan resminya.

Ririek melanjutkan pada tahun ini Telkomsel telah mencanangkan program TrueBEx untuk penyediaan jaringan broadband terbaik di 30 Kota yang meliputi 1.000 POI (Point of Interest) dalam memastikan kecepatan akses layanan data dan stabilitas koneksi jaringan tetap terjaga. Selain itu kehadiran 4G LTE di berbagai kota juga diharapkan akan meningkatkan kenyamanan pelanggan di dalam menggunakan mobile broadband.

Pada periode NARU kali ini, Telkomsel memprediksi layanan data mengalami kenaikan yang paling signifikan mencapai 2.000 Terabyte atau naik 22,6 persen dibandingkan trafik data rata-rata di hari normal sepanjang tahun 2015. Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1,64 miliar menit atau naik 6,4 persen, sedangkan trafik SMS diperkirakan menjadi 1,04 miliar SMS atau naik 18,8 persen dibandingkan dengan trafik normal hari biasa.

Mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel melakukan sejumlah aktivitas, terutama untuk layanan data, seperti peningkatan kapasitas untuk Internet Service yang ditingkatkan menjadi 370,2Gbps atau naik sekitar 60 persen dari tahun 2014. Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) ditingkatkan sebesar 239 juta pelanggan (naik 11,7 persen dari tahun 2014).

Kapasitas HLR (Home Location Register) sebesar 303,6 juta pelanggan. Sementara kapasitas OCS (Online Charging System) sebesar 162 juta diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data. Selain itu sebanyak 100 ribu BTS Telkomsel yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, dipastikan berfungsi dengan baik untuk melayani pelanggan di mana pun mereka berada.

Di sisi lain, Telkomsel telah menggelar 4G LTE di Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Manado, Batam, Yogyakarta, Balikpapan, Malang, Pekanbaru, dan Banjarmasin. Didukung oleh sekitar 3.000 BTS 4G yang mencakup lokasi-lokasi strategis di tiap kota, pelanggan dapat menikmati layanan mobile broadband terbaik dari Telkomsel.

Telkomsel juga mengerahkan 93 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjamin kualitas jaringan selama NARU tetap prima. Dari sisi layanan Telkomsel menyiagakan 392 Armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui 2.668 modern channel siaga dan 3.658 outlet siaga, serta didukung pula oleh 73 GraPARI Siaga dan Call Centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur.

(brl/red)