Telkomsel: Butuh dua minggu perbaiki kabel optik di Papua

Telkomsel: Butuh dua minggu perbaiki kabel optik di Papua

Techno.id - Pasca gangguan jaringan internet yang terjadi pada pengguna Telkomsel di Papua hari Senin kemarin (20/4/15), pihak Telkomsel mengumumkan bahwa mereka akan segera memperbaiki kabel optik yang terputus di perairan Sorong-Jayapura, Papua. Seperti dikutip dari Antara (21/4/15), perbaikan tersebut diperkirakan paling cepat memakan waktu dua minggu.

"Barusan info dari NEC Jepang bahwa kapal akan tiba di lokasi antara Jayapura-Sorong sekitar enam hari lagi dan perbaikan di laut sekitar delapan hari dan perkiraan selama 4 Mei," ungkap General Manager ICT Operation Telkomsel Region Maluku dan Papua, J. Simarmata.

Menurutnya, estimasi waktu tersebut adalah perkiraan tercepat perbaikan kabel optik yang dipastikan putus pada kedalaman 1.124meter itu. Simarmata menjelaskan, sebenarnya estimasi waktu tersebut terbilang lebih cepat ketimbang perjanjian kontrak kerja sama dengan pihak ketiga. Percepatan waktu tersebut, dikarenakan saat ini posisi kapal yang dimaksud sedang berada di perairan Merauke.

Untuk itu, Simarmata mewakili Telkomsel meminta maaf dengan gangguan jaringan data yang sedang terjadi, dan hingga proses perbaikan kabel optik selesai, pihaknya akan kembali menggunakan layanan satelit untuk menyebarkan jaringan data ke pelanggan.

"Begitu ada gangguan kita harus setting lagi ke satelit dengan kapasitas 512MBPS. Kita mohon maaf atas gangguan tersebut dan mudah-mudahan dengan 512MBPS ini bisa digunakan dengan maksimal," tutupnya.

(brl/red)