Telkom: Manado jadi pintu gerbang internet internasional

Telkom: Manado jadi pintu gerbang internet internasional

Techno.id - Direktur Utama PT Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan bahwa kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulawesi) akan menjadi salah satu pintu gerbang internet bagi dunia internasional. Bagi Ririek, Manado memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki di kota-kota lainnya.

"Manado memiliki keistimewaan tersendiri, sehingga layanan 4G dijadikan prioritas di daerah tersebut karena ke depannya akan dijadikan sebagai salah satu pintu gerbang internet yang langsung terhubung dengan Amerika Serikat," ujarnya.

Dalam sebuah pernyataannya, kemarin, Ririek mengatakan jika pihaknya berniat menjadikan kota Manado sebagai pintu internet bagi dunia internasional kedua setelah Batam. Bila terealisasi, ia mengklaim jika akses internet di kota Manado bakal tidak memiliki hambatan.

"Di kota Manado, kami akan bangun jaringan fiber optic menuju Guam dan Amerika Serikat. Namanya South East Asia - United States (SEA-US), yang merupakan konsorsium kontrak kerja sama pembangunan sistem kabel bahwa laut internasional yang menghubungkan Indonesia dengan belahan Timur hingga Amerika," paparnya.

Untuk merealisasikannya, Telkom dikatakan akan bekerja sama dengan anak perusahaan PT Telekomunikasi Internasional (Telin). Sementara itu, operator telekomunikasi yang juga berada di bawah naungannya, Telkomsel akan menopang dengan memaksimalkan sektor jaringan 4G LTE.

"Diharapkan selesai pada pertengahan tahun 2017. Soal investasinya, itu semua ada di Telkom. Kita hanya membantu soal layanan 4G," terang Ririek.

(brl/red)