Pemerintah pusat tawarkan taman iptek untuk Sumatera Selatan

Pemerintah pusat tawarkan taman iptek untuk Sumatera Selatan

Techno.id - Pemerintah pusat dikabarkan menawarkan kepada Sumatera Selatan untuk membangun taman Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Hal ini disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Pangan dan Pertanian Kementerian Riset dan Teknologi, Prof Benyamin Lakitan, seperti yang dilansir oleh ANTARA (16/04/15).

Taman ini akan menjadi menjadi pengembangan ilmu pengetahuan, peternakan dan lainnya, seperti kata Benyamin kepada wartawan setelah menghadap Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang (16/04/15).

Pembangunan taman iptek ini harus disesuaikan dengan kebutuhan daerah supaya lebih berkembang. Maka dari itu Benyamin menghadap Gubernur Sumsel untuk menawarkan pengembangan kawasan yang ada di daerah ini yang salah satunya membangun taman iptek.

Untuk masalah dananya, Benyamin mengakui jika sudah disediakan melalui APBN sehingga peluang tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Benyamin juga menambahkan, untuk dana dari pengembangan taman iptek ini selain dari APBN juga melalui anggaran daerah. Jadi, dana itu harus dimanfaatkan sehingga akan berdampak pada daerah untuk terus berkembang.

Selain itu, hal yang paling terpenting dari program ini adalah dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena keberadaan taman iptek untuk penelitian-penelitian nantinya. Untuk lokasi dari taman tersebut, Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih menawarkan lahan yang ada di Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muaraenim untuk pembangunan sektor peternakan.

(brl/red)