Pantau jaringan mudik, XL siapkan perangkat terintegrasi

Pantau jaringan mudik, XL siapkan perangkat terintegrasi

Techno.id - Guna memastikan kualitas jaringan dan layanan di seluruh Indonesia menjelang lebaran, Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), berkesempatan memantau langsung kesiapan aktivitas pemantauan jaringan PT XL Axiata Tbk (XL) oleh para petugas XL melalui live map BTS. Layanan ini menjangkau seluruh jalur mudik lengkap dengan kondisi terkini seluruh BTS tersebut, serta Service Quality Management Tools yang akan menunjukkan kegiatan pelanggan hingga tingkat kepuasan pelanggan dalam menggunakan suatu aplikasi.

Dalam memastikan kualitas jaringan, XL menerapkan kebijakan preventive maintenance, bukan reactive atau saat ada masalah baru ditangani. Ongki Kurniawan, Direktur Service Management XL mengatakan bahwa dalam hal ini XL menggunakan sistem Work Flow Management, di mana tim jaringan berpedoman pada kalender yang disiplin untuk melakukan perawatan BTS.

"Mereka juga memiliki check list yang jelas mengenai apa saja yang harus mereka lakukan pada saat kunjungan. Dengan disiplin yang dilakukan ini, problem-problem jaringan bisa diantisipasi, sehingga gangguan pada pelanggan menjadi jauh berkurang," pungkas Ongki kepada Techno.id.

Ongki menambahkan, XL juga sudah melengkapi sistem pemantauan dengan perangkat terintegrasi yang mempermudah tim pemantau jaringan untuk mendeteksi masalah yang terjadi di suatu sistem. Selain itu, juga tersedia perangkat monitoring kinerja yang terintegrasi yang mempermudah tim pemantau jaringan (Network Operation Center) dalam mendeteksi penurunan kualitas yang terjadi.

Terakhir, tersedia perangkat Service Quality Management (SQM) yang dapat menggambarkan tingkat kepuasan pelanggan, sehingga petugas XL dapat mengambil tindakan sebelum masalah menjadi lebih besar.

(brl/red)