Momen Idul Fitri, trafik data XL naik 30 persen

Momen Idul Fitri, trafik data XL naik 30 persen

Techno.id - Idul Fitri selalu menjadi momen yang tepat untuk bersilaturahmi. Tidak hanya bisa dilakukan dengan cara konvensional yakni bertemu langsung, silaturahmi juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi untuk meminimalisir jarak. Hal tersebut tentunya akan membuat terjadinya lonjakan trafik di hampir seluruh operator seluler.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dibandingkan dengan trafik di hari biasa, diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik sekitar 5 hingga 10 persen untuk layanan voice atau telepon, 10-15 persen pada SMS, dan 20-30 persen di data. Hingga H-2 lebaran, diperkirakan bakal terjadi kenaikan trafik penggunaan layanan data XL rata-rata sebesar 8 persen dari hari biasa.

Sejauh ini, kenaikan trafik relatif merata di berbagai kota seluruh Jawa. Sementara di luar Jawa, kenaikan trafik yang signifikan biasanya terjadi di Medan, Banjarmasin, Padang dan Makassar, dengan rata-rata kenaikan trafik data di atas 30 persen. Kenaikan akan terus terjadi saat Idul Fitri yang jatuh pada hari ini, 17 Juli 2015 hingga beberapa hari setelahnya saat masyarakat dalam suasana libur panjang.

Guna lebih memastikan kualitas layanan kepada pelanggan, pada tahun ini, XL juga mulai mengoptimalkan pemanfaatan metode Data Network Analytics untuk pembangunan jaringan dan fokus pada pelanggan. Metode ini mempermudah XL untuk melakukan prioritas pengembangan jaringan, lebih fokus kepada pelanggan, dan memudahkan identifikasi hubungan sosial antar pelanggan dan antar area. XL akan semakin mudah mendeteksi perkembangan perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan XL termasuk tentunya lokasi-lokasi di mana terjadi konsentrasi pelanggan yang sedang menggunakan berbagai jenis layanan.

Selain itu, XL juga akan dapat lebih optimal untuk dapat memberikan layanan yang lebih baik dengan penawaran value yang lebih sesuai dengan perilaku pelanggan tersebut, sehingga pelanggan dapat merasakan kesesuaian dan ketepatan antara kebutuhan dengan layanan yang diberikan, sehingga pada akhirnya dapat mendorong pelanggan untuk lebih aktif lagi dalam menggunakan layanan-layanan yang disediakan oleh XL. Optimalisasi penggunaan metode network analytics ini sejalan dengan upaya XL saat ini untuk melakukan transformasi bisnis, di mana salah fokusnya meraih pelanggan yang produktif.

(brl/red)