Komersialisasi 4G tahap kedua akan digelar serentak, ini alasannya

Komersialisasi 4G tahap kedua akan digelar serentak, ini alasannya

Techno.id - Jaringan internet 4G LTE tahap kedua secara komersial diberitakan akan diresmikan serentak per 6 Juli 2015 mendatang oleh seluruh operator telekomunikasi Indonesia. Hal itu pun dibenarkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Rudiantara.

"Rencananya (peresmian) ya seperti itu. Nanti tanggal 6 Juli ini serentak untuk 4G LTE di 1.800 MHz. Disesuaikan dengan kesiapan para operator," kata Rudiantara seperti dikutip Merdeka (23/6/15).

Bicara soal wilayah, pria yang akrab disapa Chief RA tersebut kabarnya akan memulai dari kota Makassar. Rudiantara juga menuturkan, proses komersialisasi secara serentak ini adalah suatu bentuk kebersamaan daripada sebuah kompetisi.

"Kalau nanti (jaringan) 4G sudah tuntas digelar semua, ya mau berkompetisi silahkan saja," singkatnya.

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, proses penataan jaringan 4G LTE saat ini belum selesai atau dengan kata lain masih sedang berlangsung. Bahkan, penataan akan dihentikan sementara menjelang lebaran guna memaksimalkan kegiatan komunikasi masyarakat saat Lebaran 2015 nanti.

"Untuk memastikan kenyamanan masyarakat untuk berkomunikasi selama Ramadan dan Lebaran, kami dan operator menyepakati pemberhentian sementara proses refarming dimulai dua minggu sebelum dan dua minggu setelah lebaran," terang Rudiantara.

(brl/red)