Jelang Lebaran, Telkomsel kerahkan jaringan bertenaga penuh

Jelang Lebaran, Telkomsel kerahkan jaringan bertenaga penuh

Techno.id - Hari raya Idul Fitri semakin dekat, lonjakan aktivitas terlihat di berbagai sektor, termasuk komunikasi. Telkomsel kembali menyatakan kesiapan jaringannya menghadapi lonjakan trafik mendekati puncak masa Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2015.

Mengantisipasi lonjakan trafik yang akan terjadi jelang Lebaran, Telkomsel telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar. Hal ini meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center), HLR (Home Location Register).

Kapasitas VLR di tahun ini ditingkatkan menjadi 218 juta, sedangkan HLR sebesar 330 juta subscribers. Kapasitas SMS yang disiapkan sebesar 106.493 SMS/detik dengan kapasitas volume trafik 2,39 milyar SMS dan untuk kapasitas MMS menjadi 200 MMS per detik atau setara dengan 4,32 juta MMS per hari.

Untuk kapasitas layanan data, jaringan Telkomsel telah memiliki lebih dari 97.000 BTS (Base Transceiver Station), baik 2G, 3G dan 4G dimana sebanyak lebih dari 50% diantaranya merupakan BTS 3G (Node-B) ditambah dengan 1.110 BTS 4G (eNode-B), yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 427 Gbps (Giga bit per second).

Khusus untuk momen RAFI tahun ini, dalam upaya menjaga kualitas jaringan, Telkomsel membangun 59 BTS baru, upgrade 806 BTS & 63 BSC/RNC, serta menyiagakan 62 COMBAT (Compact Mobile Base Transceiver) di tempat-tempat keramaian dengan arus komunikasi yang padat.

Dalam keterangan resmi yang diterima Techno.id, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah dan Direktur Sales Telkomsel Masud Khamid telah memantau langsung ke lokasi COMBAT yang disiapkan jelang Lebaran untuk memastikan persiapan yang dilakukan perusahaannya sudah optimal dan sesuai rencana.

Telkomsel mengidentifikasi sebanyak 781 titik layanan PREMIUM (Public Service, Religion Areas, Mall & Indoor Center, Uniqueness Areas, dan Massive Areas) yang meliputi bandara, stasiun kereta api, tempat ibadah, mall tempat wisata dan pusat keramaian dimana di titik-titik tersebut Telkomsel akan berupaya untuk memaksimalkan layanan yang diberikan, khususnya layanan data.

Tak hanya itu, Telkomsel pun siap dengan layanan siaga dengan menggelar 128 GraPARI dan 392 Mobile GraPARI, 267 branch office, dan 5 Call Center dengan pelayanan 24 jam 7 hari seminggu, serta pelayanan di channel digital baik akun Facebook atau Twitter.

Perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia ini mengaku akan memantau trafik dan memelihara kinerja perangkatnya secara ketat sepanjang masa puncak RAFI selama 24 jam penuh secara terpusat melalui Telkomsel Network Operation Centre (NOC) di Jakarta. Fasilitas itu diklaim mampu memonitor secara real time sehingga segala permasalahan yang muncul dapat segera diatasi guna menjamin kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi.

(brl/red)