CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 26 Mei 2016 10:53

Indosat sajikan internet kebut nyaris 40Mbps di jalur mudik

Dalam kegiatan drive test menunjukkan hasil kecepatan maksimal download mencapai 39,66 Mbps dengan rata-rata download 12 Mbps.

Indosat sajikan internet kebut nyaris 40Mbps di jalur mudik

Techno.id - Pembuktian kekuatan jaringan milik Indosat Ooredoo sudah dilangsungkan di jalur mudik utama wilayah Jawa Timur, jalur Surabaya sampai Malang. Uji jaringan dilakukan Indosat untuk menunjukkan kesiapan layanannya menyambut bulan Ramadan dan Lebaran 2016.

Pemilihan jalur ini berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya, rute tersebut diprediksi akan mengalami kepadatan lalu lintas mobil yang ingin mudik di kedua kota ini. Selain menjadi kota tujuan mudik, di Surabaya dan Malang juga menjadi kota tujuan wisata selama masa liburan Lebaran.

Dalam drive test tersebut dilakukan berbagai aktivitas layanan data seperti browsing, download, upload file, atau melihat HD video serta live streaming. Dalam kegiatan drive test menunjukkan hasil kecepatan maksimal download mencapai 39,66 Mbps dengan rata-rata download 12 Mbps.

Sementara kecepatan maximum upload mencapai 20,61Mbps dengan rata-rata upload 6,59Mbps. Kecepatan maksimal download dan upload dicapai saat memasuki tol Sidoarjo. Dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas internet berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Uji jaringan Indosat Ooredoo di alun-alun Malang
© 2016 techno.id/Denny Mahardy

Kualitas suara di jaringan Indosat juga dilakukan melalui pengujian kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 89 persen area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5) dan 8 persen area lainnya menunjukkan hasil dengan nilai baik.

Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik dibandingkan dengan yang lain.

"Kita sudah mempersiapkan kapasitas jaringan yang sanggup memenuhi layanan telekomunikasi para pemudik di momen Ramadan dan Lebaran. Indosat melakukan peningkatan kapasitas jauh supaya tersedia lebih dari prediksi lonjakan trafik yang ada," jelas Achmad Abimanyu, Group Head Network Operations.

Soal peningkatan kapasitas, Indosat sudah menambah kapasitas jaringannya untuk menampung layanan suara, SMS dan data. Layanan suara setelah ditingkatkan menjadi 39 juta erlang per hari, SMS 4 miliar per hari dan data sebanyak 6.389 terabyte per hari.

Supaya kualitas layanan tetap terjaga, Indosat bakalan memantau trafik layanannya di command center yang beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah musim mudik Lebaran. Tim Performance Monitoring Indosat bakalan memantau agar gangguan tidak terjadi.

WHAT TO READ NEXT ?