Indosat optimalkan pelanggan berponsel lawas

Indosat optimalkan pelanggan berponsel lawas

Techno.id - Penetrasi penggunaan layanan telekomunikasi berbasis selular di Indonesia sudah melampaui jumlah penduduk. Namun begitu, sebagian besar dari jumlah pengguna layanan telekomunikasi bergerak di Tanah Air disebutkan masih betah menggunakan ponsel lawas atau feature phone.

Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat mengungkap fakta penggunaan ponsel lawas di Indonesia. Menurutnya, di banyak wilayah Indonesia sekitar 70 persen pengguna layanan selular masih memakai ponsel lawas meskipun smartphone telah banyak beredar.

Kebanyakan orang di Indonesia masih pada pakai ponsel lawas, walaupun smartphone sudah banyak. Umumnya feature phone itu komposisinya sekitar 70 persen, di beberapa kota bahkan sampai 80 persen masih pakai feature phone, kata Alexander di Kantor Pusat Indosat.

Tapi, tingginya penggunaan perangkat lawas bukan berarti bikin Indosat mati langkah untuk mencetak uang. Operator selular terbesar kedua di Tanah Air itu memanfaatkan pengguna ponsel lawas untuk menyediakan konten tambahan alias value added service (VAS).

Bahkan, pria berkacamata yang biasa dipanggil Alex tersebut menyebutkan Indonesia merupakan salah satu negara yang bisnis konten berpeluang besar mengalami pertumbuhan. Wajar saja, Indosat belakangan terlihat getol menyediakan konten VAS bagi pelanggannya.

VAS itu pertumbuhannya masih tinggi, double digit tiap tahun. Pertumbuhan yang besar tersebut sejalan dengan tingginya pengguna feature phone di Indonesia. Pengguna feature phone itu biasanya masih pakai macam-macam konten tradisional seperti teks dan SMS, tambah Alexander sewaktu ditemui tim Techno.id.

Konten VAS terbaru yang disediakan Indosat disediakan bagi para penggila klub sepakbola dunia. Tak tanggung, demi meraih pendapatan dari fans sepakbola operator ini langsung menggandeng sekaligus tiga klub top dunia asal Eropa, yaitu FC Barcelona, FC Internazionale Milan, dan Arsenal FC.

Untuk bisa merasakan konten dari ketiga klub pelanggan Indosat cuma tinggal mengetikkan *123*810# di ponsel atau melalui sms dengan mengetik REG INTER atau REG ARSENAL yang kemudian dikirimkan ke 99456. Sedangkan untuk FC Barcelona, SMS-nya ketik FC BARCA kemudian kirim ke 99465.

(brl/red)