Beri akses internet di masjid, Telkom ingin remaja lebih rajin ibadah

Beri akses internet di masjid, Telkom ingin remaja lebih rajin ibadah

Techno.id - Meski dewasa ini hampir semuanya serba teknologi dan internet, ternyata masih ada beberapa elemen konvensional yang belum melebur. Salah satunya ialah tempat ibadah seperti masjid. PT Telekomunikasi Indonesia wilayah Sumatera Barat bersama Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Padang pun mempunyai ide untuk mendobrak sekat ini.

Seperti dilaporkan oleh Antara (07/12/15), keduanya sama-sama berkomitmen untuk menerapkan teknologi informasi (TI) dalam pengelolaan manajemen masjid. Harapannya, inovasi ini bisa melahirkan banyak dampak baik, mulai dari penyampaian informasi terkait kegiatan dan pendanaan masjid dengan lebih luas dan transparan, hingga menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan dakwah dan penggerak perekonomian.

"Dengan penerapan teknologi informasi, diharapkan pula dapat menjadi pusat informasi bagi masyarakat di mana setiap kegiatan di masjid dapat diakses dengan mudah," terang Sekretaris ICMI Padang, Guswardi.

Yang cukup menarik, Telkom juga berencana untuk membangun taman digital di sekitar masjid. Di taman digital itu, akan tersedia akses internet yang bisa dimanfaatkan, utamanya oleh generasi muda untuk mengerjakan tugas sekolah atau kampus sembari menunggu datangnya waktu shalat.

General Manager Telkom Sumbar, Muskab Muzakkar, mengharapkan program ini bisa membuat anak muda lebih rajin beribadah. "Penyebab jarangnya anak muda datang ke masjid perlu dicermati, mungkin saja karena ketiadaan akses internet," imbuhnya.

Dalam beberapa waktu ke depan, kedua pihak itu akan menyeleksi satu atau dua masjid dulu di tiap kecamatan di Padang untuk dijadikan percontohan program ini.

(brl/red)