Berantas kesenjangan digital, Telkom hadirkan ribuan WiFi Corner

Berantas kesenjangan digital, Telkom hadirkan ribuan WiFi Corner

Techno.id - Penetrasi penggunaan perangkat mobile seperti smartphone, tablet dan notebook masih terus meningkat. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih mengandalkan jaringan WiFi daripada layanan seluler demi memenuhi kebutuhan konektivitasnya.

Telkom Indonesia mencoba menjawab tantangan kebutuhan WiFi demi mempercepat pemerataan akses broadband ke seluruh wilayah Indonesia. Perusahaan pelat merah itu mengembangkan jaringan WiFi yang dinamakan Indonesia WiFi atau WiFi.ID sebagai bagian dari inisiatif Indonesia Digital Network.

Telkom mengakui pemerataan akses broadband diyakini akan menjadi salah satu pendorong percepatan pembangunan ekonomi di Indonesia. Pembangunan infrastruktur broadband tersebut juga sesuai dengan tekad pemerintah untuk mempercepat pembangunan dan pemerataan infrastruktur di Indonesia.

Fokus penyediaan WiFi secara luas diakui Telkom karena beberapa alasan. Pertama, koneksi WiFi cenderung lebih cepat dan stabil. Kedua, adanya keterbatasan pada paket internet pada ponsel, terutama pada batasan kuota, sedangkan koneksi WiFi biasanya tidak dibatasi dengan volume pemakaian.

Dalam keterangan resminya, Telkom menyatakan telah menyediakan WiFi.ID Corner dengan di lokasi yang cukup bervariasi, mulai di kantor pelayanan atau Plasa Telkom, caf atau restoran, kampus, pusat perbelanjaan (mall) atau area publik lainnya. WiFi.ID Corner digadang-gadang jadi tempat yang nyaman bagi pelanggan untuk menggunakan layanan WiFi.ID.

"WiFi.ID Corner dipasang di lokasi-lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya para netter atau komunitas pengguna internet. Kecepatan koneksi yang disediakan sampai dengan 100 Mbps merupakan yang pertama di Indonesia," kata Jemy V. Confido, Vice President Consumer Marketing and Sales Telkom.

Saat ini sudah terdapat lebih dari 6.500 lokasi WiFi.ID Corner di seluruh Indonesia. Detail lokasinya bisa dilihat di wificorner.id/wificorner. Kehadiran WiFi.ID Corner 100 Mbps ini didesain untuk memberikan pengalaman kepada para pengguna internet agar merasakan nikmatnya berselancar di dunia maya dengan kecepatan tinggi dan koneksi yang stabil sambung Jemy.

Saat ini jaringan WiFi.ID telah tersebar di lebih dari 100 ribu lokasi di seluruh Indonesia. Kekuatan sebaran luas jaringan WiFi yang dimilikinya itu membuat Telkom berani sesumbar menjadi perusahaan yang memiliki jaringan WiFi yang paling luas di Indonesia.

(brl/red)