Akhirnya, layanan 4G XL tersedia secara komersial di Jakarta

Akhirnya, layanan 4G XL tersedia secara komersial di Jakarta

Techno.id - Proses penataan ulang frekuensi 1800 Mhz yang dilakukan operator seluler di sekitar Jakarta akhirnya rampung. Seakan tak mau membuang waktu, XL Axiata langsung mengumumkan layanan berbasis 4G LTE (long term evolution) di jaringan 1800 Mhz sudah tersedia secara komersial bagi pelanggannya di sekitar Ibukota Negara.

Akhirnya, layanan 4G XL tersedia secara komersial di Jakarta

XL mengaku pihaknya segera melakukan peluncuran layanan berbasis 4G LTE di Jakarta karena menilai Jakarta sebagai Ibukota Negara memiliki kebutuhan infrastruktur layanan data dan internet yang memadai dan berkualitas. Perusahaan ini memprediksi ketersediaan layanan 4G akan membantu aktivitas di berbagai bidang, baik pemerintahan maupun bisnis, hiburan hingga aktivitas sosial kemasyarakatan lainnya.

"Akhirnya kami meresmikan komersialiasi layanan 4G LTE secara nasional termasuk Jakarta. Sengaja kami tak menunda-nunda lagi mengingat kebutuhan masyarakat dari berbagai kalangan untuk segera bisa memanfaatkan internet super cepat guna membantu meningkatkan produktivitas mereka," kata Dian Siswarini, Presiden Direktur XL.

Pada acara pengumuman resmi komersialisasi 4G LTE yang dilakukan di Mall Ambassador, Jakarta, Dian menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah mendukung seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan tentunya operator seluler lain yang mau bekerja sama dalam proses penataan ulang frekuensi.

Lebih lanjut, Dian mengklaim sejak mulai mengimplementasikan layanan 4G LTE perusahaannya langsung memutuskan mengutamakan sisi kualitas. Meski begitu, Dian menyebutkan perluasan wilayah cakupan layanan 4G tak diabaikan XL demi memberikan kecepatan dan kenyamanan bagi pelanggannya dalam mengakses layanan internet.

"Kecepatan akses internet 4G LTE dari XL sekarang menghadirkan layanan yang tercepat, benar-benar berkualitas dan stabil dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Ini merupakan langkah yang kami lakukan juga untuk mendukung program Indonesia Broadband Plan punya pemerintah," imbuh Dian saat dijumpai tim Techno.id.

Jakarta dan sekitarnya merupakan wilayah terakhir di skup nasional yang menjalani proses penataan ulang frekuensi yang dilakukan operator demi menyediakan layanan 4G secara komersial. Rampungnya penataan ulang di sekitar Jakarta ini menandai masuknya babak baru industri telekomunikasi Indonesia ke kemampuan baru akses internet secara nasional.

Selain Jakarta, layanan 4G LTE sudah disediakan XL secara komersial di Medan, Bogor, Yogyakarta, Mataram, Denpasar, Surabaya dan Bandung. XL mengaku sudah menggunakan lebih dari 3.000 Base Transceiver Station (BTS) dalam menyediakan layanan 4G LTE secara nasional.

(brl/red)