YouTube punya cara tersendiri atasi layanan pemblokir iklan

YouTube punya cara tersendiri atasi layanan pemblokir iklan

Techno.id - Tak bisa dipungkiri penggunaan aplikasi pemblokir iklan seperti Adblock saat ini sangat marak di kalangan netizen. Banyak penikmat kegiatan berselancar di dunia maya memanfaatkan layanan ini untuk "menyelamatkan" mereka dari iklan-iklan yang kerap lalu lalang di situs yang sedang mereka jelajahi, tak terkecuali YouTube.

Meski menguntungkan para netizen, ternyata penggunaan aplikasi "pemblokir iklan" seperti Adblock membuat industri iklan online menjadi lesu. Untuk itu, beberapa pelaku bisnis online memutar otak untuk membuat salah satu sumber pemasukan mereka ini kembali bergeliat.

YouTube misalnya, layanan video online terbesar di dunia itu kini dilaporkan menerapkan regulasi baru untuk "melawan" layanan Adblock. Seperti dikutip dari AndroidAuthority (8/9/15), kini YouTube memberlakukan iklan video sebagai pra-klip sehingga menyulitkan layanan Adblock memblokir iklan yang ditampilkan.

YouTube punya cara tersendiri atasi layanan pemblokir iklan

Ilustrasi YouTube 2015 Neirfy/ Shutterstock.com

Disebutkan, kini para pengunjung YouTube bakal melihat video iklan utuh sebelum mereka melihat video utama yang akan ditonton. Meski pengguna menginstal layanan Adblock atau semacamnya, YouTube memastikan video iklan bakal tetap muncul sebelum video utama dapat ditonton.

Langkah ini tentunya menguntungkan pihak YouTube karena iklan yang mereka tampilkan bakal ditonton oleh pengunjung. Namun sayangnya, di satu sisi regulasi baru ini justru membuat pengunjung cukup terganggu, terlebih saat harus menonton iklan video dalam durasi panjang.

(brl/red)