Xiaomi tergoda tren pasar untuk kembangkan prosesornya sendiri

Xiaomi tergoda tren pasar untuk kembangkan prosesornya sendiri

Techno.id - Suatu hal yang lumrah melihat beberapa perusahaan ponsel pintar dunia saat ini berbondong-bondong menciptakan prosesornya sendiri. Huawei, Samsung, bahkan LG adalah beberapa pabrikan yang telah sukses menciptakan prosesor sendiri untuk produk smartphone ciptaannya.

Kini nampaknya, Xiaomi bakal mengekor langkah para pendahulunya tersebut. Seperti dikabarkan oleh Softpedia (4/8/15), beberapa media Negeri Tirai Bambu pun ramai-ramai memberitakan bahwa pabrikan tersebut segera mulai memproduksi prosesornya sendiri pada awal 2016 mendatang.

Kabarnya untuk memuluskan rencananya ini, Xiaomi telah menunjuk mantan kepala Qualcomm, Wang Xiang, menjadi orang yang bertanggung jawab pada proses produksi prosesor masa depan tersebut. Bahkan, santer dikabarkan, MI5 Pro adalah perangkat yang diduga kuat bakal mengusung prosesor ciptaan sendiri tersebut.

Belum ada konfirmasi resmi dari pihak Xiaomi mengenai kabar ini. Namun, jika hal ini benar bisa dipastikan beberapa ponsel pintar masa depan Xiaomi yang bakal dibekali dengan prosesor buatan sendiri ini akan dibanderol dengan harga yang cukup murah, seperti ketika Xiaomi merilis Redmi 2A dengan prosesor custom dari pabrikan semikonduktor Tiongkok, Leadcore.

(brl/red)