Xiaomi siap dukung ratusan startup

Xiaomi siap dukung ratusan startup

Techno.id - Demi menstabilkan posisinya sekarang dan meniti langkah lebih jauh ke depan, Xiaomi hendak melakoni beberapa strategi penting. Salah satunya ialah dengan menggandeng startup potensial sebanyak-banyaknya.

Rencana jangka panjang Xiaomi itu diungkap sendiri oleh CEO-nya, Lei Jun. Lei ingin Xiaomi tak cuma dianggap sebagai perusahaan biasa, tetapi sebagai sebuah "kerajaan".

Untuk membangun "dinastinya", vendor asal Tiongkok ini pun berkomitmen untuk mendukung ratusan startup potensial, terutama startup yang berkecimpung dalam pengembangan peranti pintar (smart hardware). Sesuai laporan dari TechInAsia (17/4/15), selain melalui investasi, Xiaomi pun bersedia menyediakan software pendukung.

Menurut Lei, Xiaomi sejauh ini telah berinvestasi pada lebih dari 20 startup. Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah di masa depan menjadi ratusan startup. Diharapkan, strategi ini dapat memacu perkembangan Xiaomi sendiri sekaligus penerapan Internet-of-Things (IoT).

Jika menilik sedikit ke belakang, Xiaomi sebenarnya juga berawal dari startup. Di tahun 2014 kemarin, Xiaomi ditahbiskan sebagai startup teknologi paling berkembang dan berharga sedunia. Perusahaan yang berdiri tahun 2010 ini mampu menyisihkan nama-nama lain, seperti Uber, Dropbox, Snapchat, dan Airbnb.

(brl/red)