Xiaomi dan Huawei sukses 'curi' salah satu pasar terbesar Apple

Xiaomi dan Huawei sukses 'curi' salah satu pasar terbesar Apple

Techno.id - Sebuah laporan terbaru dari Canalys menyebutkan bahwa pangsa pasar iPhone di Tiongkok turun dari posisi pertama ke posisi ketiga. Yang cukup mengejutkan, produk dalam negeri Xiaomi dan Huawei ternyata adalah biang keladinya.

Sebagaimana dikutip dari 9to5mac (03/08/2015), iPhone sukses menguasai pasar Tiongkok dan membuatnya bertengger di posisi teratas pada kuartal empat 2014. Namun di kuartal dua 2015, peringkat itu anjlok hingga ke posisi ketiga.

Laporan Canalys melanjutkan, Xiaomi berada di posisi pertama dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 15,9 persen. Sedangkan Huawei berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 15,7 persen, dan iPhone dengan 12,2 persen.

Kendati demikian, Canalys juga mengungkapkan bahwa Apple tak menyerah begitu saja. Apple pun dikabarkan terus melakukan berbagai kegiatan guna memperluas penjualan. Apple dan Huawei bahkan bekerja sama untuk memberikan 'tekanan' bagi Xiaomi.

Namun bagaimana pun juga, profitabilitas sangat diperhitungkan di pangsa pasar terbesar dunia ini. Dengan kata lain, pangsa pasar Apple masih menjadi ancaman serius bagi Xiaomi dan Huawei di kemudian hari.

Faktanya, Apple juga pernah merilis pendapatan yang tumbuh hingga sebesar 112 persen di kuartal yang sama. Lebih jauh, Apple bahkan baru saja dilaporkan telah mengambil keuntungan sebesar 92 persen dari total penjualan smartphone global.

(brl/red)