watchOS diprediksi tetap rajai pasar smartwatch hingga 5 tahun lagi

watchOS diprediksi tetap rajai pasar smartwatch hingga 5 tahun lagi

Techno.id - Wearable gadget saat ini sudah semakin dicari dan dibutuhkan masyarakat dunia. Buktinya, di kuartal ketiga 2015 ini, ada sekitar 21 juta unit wearable yang terjual secara global, dengan dominasi produk dari Fitbit, Apple, dan Xiaomi. Angka itu telah meningkat dari kuartal sebelumnya yang hanya 18 juta unit.

Ke depannya, fenomena ini pun dipercaya kian hebat. IDC meramalkan pertumbuhan penjualan wearable device bakal mencapai total 111 juta unit tahun depan. Sementara tahun 2019, angka shipment totalnya diduga akan makin meroket menjadi 214,6 juta unit.

IDC juga mencatat kalau lima tahun lagi, smartwatch yang mengusung watchOS bakal tetap mendominasi, dengan market share 51 persen. Android Wear sendiri diprediksi tak akan bisa berbuat banyak dengan persentase pasar 38,8 persen saja. Perkiraan ini tak mengalami perubahan dari market share yang ada sekarang, walaupun ada peningkatan yang cukup signifikan dari Android Wear dari 15,2 persen.

Data selengkapnya dapat diamati di tabel berikut yang telah dipublikasikan di laman resmi IDC (17/12/15):

watchOS diprediksi tetap rajai pasar smartwatch hingga 5 tahun lagi
Sistem operasi smartwatch terpopuler di dunia
2015 IDC/IDC

Sebelumnya, IDC turut memprediksi kalau di tahun 2015 ini, penjualan wearable global menyentuh 72 juta unit. Sedangkan di tahun 2019, penjualannya diperkirakan naik dua kali lipat menjadi 155,7 juta unit.

(brl/red)