Waspada, virus kini bisa disusupi melalui iklan video!

Waspada, virus kini bisa disusupi melalui iklan video!

Techno.id - Saat ini, pergerakan virus dan malware sudah makin memprihatinkan. Pasalnya, hasil deteksi terbaru dari vendor keamanan online Media Trust berhasil menemukan bahwa iklan video kini juga bisa disusupi oleh file jahat.

Sebagaimana dikutip dari Softpedia (14/11), file jahat di dalam iklan video ini dijuluki malvertising. Menurut Media Trust, file jahat ini adalah sebuah file SWF yang berasal dari domain brtmedia.net.

Cara kerjanya, file SWF ini pada awalnya akan menyusupi kode embed (JavaScript) pada iklan video. Kemudian, iklan berformat video itu akan menampilkan iframe tersembunyi berukuran 1 x 1 piksel. Artinya, sulit dilihat dengan kasat mata telanjang.

Selanjutnya, iframe ini memuat jendela pop-up yang dirancang khusus untuk memindai isi komputer korban. Pada akhirnya, korban akan mendapati pesan untuk memperbarui beberapa aplikasi atau software yang telah terpasang di dalamnya.

Waspada, virus kini bisa disusupi melalui iklan video!

Jika korban secara tidak sengaja meng-klik jendela pop-up tersebut, maka hasilnya bisa lebih berbahaya. Secara garis besar, korban akan diarahkan untuk mengunduh file-file berbahaya lainnya secara otomatis.

(brl/red)