Waspada, link ini bisa sebabkan iPhone dan Android alami crash!

Waspada, link ini bisa sebabkan iPhone dan Android alami crash!

Techno.id - Pada dasarnya, setiap pengguna internet harus berhati-hati dalam mengunjungi sebuah tautan (link), baik itu di platform desktop maupun mobile. Trik simpelnya, selalu hindari struktur URL dan nama domain yang tak lazim.

Peringatan seperti di atas mungkin terdengar sepele. Namun faktanya, dampak yang dihasilkan terbukti cukup merugikan. Mulai dari informasi data pribadi yang berpotensi dicuri, hingga perangkat pengguna yang pada akhirnya tersusupi virus.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (25/01), crashsafari.com adalah salah satu contoh link berbahaya seperti di atas yang sedang mendadak tenar. Menurut informasi yang beredar, link tersebut mengarahkan pengguna ke sebuah pop-up halaman iklan.

Jika link itu diakses, aplikasi peramban web di platform iOS (Safari) maupun Android (Google Chrome) kabarnya akan mendadak crash. Lebih buruknya, handset iOS dan Android pengguna bahkan berpotensi reboot (restart) seketika.

Yang cukup mencengangkan, link tersebut ternyata hanya mengandung empat baris kode. Kendati demikian, keempat baris kode itu mampu mengonsumsi RAM yang begitu tinggi hingga menyebabkan crash dan bahkan reboot.

Menurut pengakuan beberapa korban, nama domain itu juga dapat menyebabkan reboot otomatis di platform desktop, khususnya PC dengan kapasitas RAM kecil. Untungnya, link tersebut teridentifikasi masih tidak mengandung virus.

(brl/red)