Waspada, kode enkripsi Windows 10 ternyata disimpan Microsoft!

Waspada, kode enkripsi Windows 10 ternyata disimpan Microsoft!

Techno.id - Kebijakan Microsoft tentang kode enkripsi pada Windows 10 boleh jadi sangat berbeda dengan Apple dan Google. Jika kedua perusahaan itu menyerahkan akses sepenuhnya kepada pengguna end-user, maka Microsoft adalah sebaliknya.

Sebagaimana dikutip dari The Intercept (28/12), perusahaan besutan Bill Gates itu memang memberikan akses layaknya Apple dan Google. Yang membedakan, Microsoft ternyata juga dituding menyimpan kode tersebut secara diam-diam.

Terkait kebijakan bernada kontroversial ini, Microsoft disebutkan telah menyimpan semua perangkat Windows 10 tanpa pengecualian. Dengan kata lain, kebijakan ini berlaku baik untuk perangkat lama maupun baru.

Sementara menurut Microsoft, pihaknya mengaku memberlakukan kebijakan ini atas dasar dua hal. Pertama, sebagai langkah keamanan di saat pengguna ingin me-restore hard drive mereka. Kedua, sebagai pencegahan ketika akun penggunanya diretas.

Untungnya, Microsoft juga menyediakan pilihan kepada pengguna untuk menonaktifkan fitur ini. Namun yang perlu digarisbawahi, format penyimpanan kode enkripsi di layanan cloud Microsoft ini akan berada pada posisi ON secara default.

(brl/red)