Untuk pertama kali, iPhone yang terjual di dunia lebih banyak dari PC

Untuk pertama kali, iPhone yang terjual di dunia lebih banyak dari PC

Techno.id - 2015 adalah tahun yang mungkin tak akan dilupakan oleh Apple. Tanpa banyak diprediksi secara besar-besaran, ternyata jumlah iPhone yang terjual sepanjang 2015 sudah mengalahkan penjualan PC Windows. Ini adalah hal yang terjadi untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Statistik ini dilempar ke internet oleh analis Asymco, Horace Dediu. Lewat akun Twitter @asymco (13/01/16), ia mengunggah grafis dengan paparan penurunan tren PC yang dibarengi angka penjualan iPhone yang menembus 300 juta unit selama 2015. Sayangnya, tren ini tak menular ke gadget Apple lain seperti iPad atau Macintosh yang adopsinya masing-masing tak lebih dari 100 juta unit.

Namun jika ditotal, penjualan keseluruhan perangkat iOS sudah sangat mengungguli penjualan PC Windows global yang diperkirakan cuma 276 juta unit. Kepastian akan jumlah unit ini akan bisa dipastikan saat Apple memublikasikan laporan penjualannya sebentar lagi.

Untuk pertama kali, iPhone yang terjual di dunia lebih banyak dari PC

Statistik penjualan iPhone yang melebihi PC di tahun 2015
2016 Asymco

Sebagai gambaran, penjualan laporan PC global di ujung tahun 2015 memang kian mengenaskan. Sebab, hanya ada sekitar 70 jutaan unit PC yang laku.

Menurut perusahaan riset pasar Gartner, penjualan PC di seluruh dunia pada Q4 2015 turun sebesar 8,3 persen dari tahun 2014. Senada dengan Gartner, IDC memaparkan statistik serupa.

Bagi Anda, apakah ini adalah salah satu pertanda kiamatnya bisnis PC dan berkuasanya gadget?

(brl/red)