Ubah standarisasi avatar default, Google dikabarkan tiru cara Yahoo

Ubah standarisasi avatar default, Google dikabarkan tiru cara Yahoo

Techno.id - Meski nampak mustahil, Google dikabarkan meniru cara Yahoo dalam memberlakukan standarisasi avatar default pada layanannya. Ya, Google saat ini memang sedang dalam tahap pemberlakuan standar baru untuk layanan Google Plus-nya, dengan mengubah avatar default yang awalnya vektor manusia biru menjadi avatar berinisial huruf depan atau terakhir dari nama pengguna.

Ubah standarisasi avatar default, Google dikabarkan tiru cara Yahoo

Standar avatar default baru Google, ubah vektor manusia biru menjadi inisial huruf depan atau terakhir nama pengguna Google Inc,.

Standar avatar default ini kabarnya telah lama digunakan Yahoo pada layanan YMail. Meski menurut laporan Softpedia (3/10/15), standar avatar default seperti ini sudah banyak digunakan oleh layanan lainnya jauh sebelum Yahoo. Misalnya saja, yang terdapat pada plugin layanan blogging WordPress.

Terlepas dari meniru atau tidaknya, Google kabarnya akan segera memberlakukan standarisasi ini mulai minggu depan dan secara bertahap akan diberlakukan pada semua layanan milik perusahaan di bawah payung Alphabet tersebut. Nah, untuk saat ini pengguna dengan nama dalam bahasa Latin, Cyrillic, Yunani, Mandarin, Jepang, dan Korea saja yang bakal menerima pembaruan standar avatar default. Kabarnya, avatar default menggunakan nama-nama pengguna dengan ejaan bahasa lainnya akan mulai diberlakukan akhir tahun ini.

(brl/red)