Ternyata, pengguna setia Mac ini adalah penggubah Windows Tone!

Ternyata, pengguna setia Mac ini adalah penggubah Windows Tone!

Techno.id - Masih ingatkah Anda dengan dentum nada khas yang terdengar saat sedang menyalakan PC bersistem operasi Windows 95? Pantas saja jika Anda masih mengingatnya, karena alunan nada bernama resmi "The Microsoft Sound" tersebut memang khas dan dibuat oleh seorang yang benar-benar kompeten di bidangnya. Siapakah dia?

Seorang musisi, pengarang lagu, sekaligus produser bernama Brian Eno ada di belakang melodi yang ikonik tersebut. Proses pembuatan nada berdurasi enam detik itu, seperti pengakuannya melalui program Museum of Curiosity milik BBC, sebenarnya sangat menguras pikiran dan tenaga. Pasalnya, utusan dari Microsoft mengajukan permintaan yang tak tanggung-tanggung pada pria bernama lengkap Brian Peter George Eno itu. Setidaknya, nada buatan Eno harus mengandung 150 sifat, seperti futuristik, seksi, juga sentimental, dan dengan durasi tak lebih dari 3,8 detik saja. Uniknya, ilham penciptaan The Microsoft Sound itu malah datang tepat saat Eno sedang kehabisan ide.

Meski Microsoft pernah menjadi kliennya, Eno menyatakan bahwa ia bukan salah satu dari miliaran user Microsoft. Bahkan, Eno mengakui sendiri jika nada untuk Windows 95 yang ia ciptakan tahun 1994 itu dibuat menggunakan Mac.

"Saya tidak pernah memakai PC sepanjang hidup saya," papar Eno pada sumber yang sama, "Saya tidak menyukainya."

Eno sendiri sudah sangat kenyang pengalaman di dunia musik. Selain memproduksi The Microsoft Sound, pria berkebangsaan Inggris itu pernah bekerja sama dengan musisi sekelas U2 dan Coldplay. Ia juga orang yang mengomposisi musik di game Spore yang cukup terkenal itu.

(brl/red)