Ternyata malware sering menyelinap di URL pendek Twitter

Ternyata malware sering menyelinap di URL pendek Twitter

Techno.id - Baru-baru ini, para peneliti dari Cardiff University telah mengembangkan sebuah sistem artificial intelligence (AI) untuk mengenali malware yang bersembunyi di Twitter. Media sosial berlambang burung ini ternyata memiliki celah keamanan yang memungkinkan hacker menyusupkan sebuah malware. Salah satu celah keamanan di Twitter tersebut ialah fitur untuk memperpendek URL.

Banyak hacker yang memanfaatkan URL pendek di Twitter untuk menyelipkan malware berbahaya. URL pendek seperti "t.co" memang dirancang untuk memendekkan alamat URL yang panjang. Jadi, identitas dari link tersebut menjadi tak terlihat. Hal ini yang dimanfaatkan hacker untuk berbuat kejahatan.

Namun pengguna tak perlu khawatir, karena para ilmuwan telah menciptakan AI yang dapat mengenali ada tidaknya malware dari analisa perbedaan kapasitas byte. Bahkan, mereka telah melatih AI tersebut agar dapat memprediksi dan mendeteksi URL jahat, sebagaimana yang dikatakan oleh News.Softpedia (25/9/15).

Para ilmuwan juga mengklaim bahwa artificial intelligence buatannya dapat mengidentifikasi potensi serangan cyber lebih akurat. AI ini konon katanya dapat mendeteksi malware di URL pendek setelah 5 detik diposting ke Twitter dengan akurasi 83 persen. Lebih hebat lagi, setelah 30 detik, artificial intelligence ini dapat benar-benar mendeteksi ada tidaknya malware dengan tingkat akurasi hingga 98 persen.

(brl/red)