Ternyata jalur Hyperloop akan dibangun di antara 3 negara ini

Ternyata jalur Hyperloop akan dibangun di antara 3 negara ini

Techno.id - Banyak media yang mengulas tentang Hyperloop. Teknologi transportasi masa depan ini memang sedang dinantikan banyak orang karena menjanjikan kecepatan serta efisiensi waktu yang tak dimiliki sarana transportasi konvensional.

Berada di bawah pengawasan Elon Musk, Hyperloop sedang dikembangkan dan masih menjalani serangkaian uji coba kelayakan agar bisa diterapkan di massa yang akan datang. Namun berita yang cukup mengejutkan datang dari dataran Eropa.

Seperti yang telah diberitakan oleh AutoBlog pada hari kamis (10/03/16), pemerintah Slovakia sedang membangun jalur Hyperloop. Tunggu, bukankah pada berita terdahulu dikatakan bahwa Hyperloop masih akan diuji coba?

Ternyata jalur Hyperloop akan dibangun di antara 3 negara ini

Ilustrasi jalur Hyperloop di Eropa
2016 autoblog.com/autoblog.com

Fakta yang ada di lapangan adalah, Elon Musk telah menandatangani surat perjanjian kerjasama dengan pemerintah Slovakia dengan membangun Hyperloop Transportation Technologies (HTT). Bahkan rencana jalur untuk alat transportasi super cepat ini telah dicanangkan.

Kabarnya, rute Hyperloop akan melewati beberapa kota besar di Eropa seperti dari Vienna, Austria ke Bratislava, Slovakia, lalu dari Bratislava ke Budapest, Hungaria. Ya, rencananya, 3 negara inilah yang akan mengguakan teknologi Hyperloop unuk mengangkut manusia.

Jika dilihat dari jarak tempuhnya pun masih masuk akal. Apalagi Hyperloop takkan banyak memakai jalur berkelok, tentu semakin mempercepat laju dan jarak tempuh antar ketiga negara tersebut di masa yang akan datang. Dan jika proyek ini berlangsung lancar, maka jarak tempuh dari Vienna ke Bratislava hanya akan memakan waktu sekitar 8 menit saja.

(brl/red)