Teknologi keamanan baru jadikan emoji sebagai password

Teknologi keamanan baru jadikan emoji sebagai password

Techno.id - Emoji kerap dihadirkan untuk menegaskan kalimat agar lebih mengandung makna. Penggunaan emoji sedikit banyak membantu proses tersampaikannya maksud pengirim pesan dan menjadikannya lebih berwarna. Dalam hal ini, berwarna dalam arti lebih menyenangkan karena emoji selalu memakai animasi yang lucu dan menggemaskan. Namun, belakangan ini penggunaan emoji mulai ditingkatkan menjadi teknologi keamanan.

Intelligent Environments mengembangkan sebuah software keamanan yang memungkinkan emoji digunakan sebagai pengganti angka dalam kode PIN. Mereka mengubah emoji menjadi password agar mudah diingat tapi tetap mengutamakan keamanan. Bentuk emoji yang lucu dipercaya mudah diingat daripada bentuk angka yang membosankan.

Nah, Intelligent Environments menerapkan emoji tersebut pada PIN yang berjumlah empat digit. Mereka juga menyediakan 44 emoji untuk membuat pengulangan kombinasi sebanyak 3.498.308 yang unik.

Tony Buzan, seorang ahli memori, mengatakan bahwa sistem bekerja dengan baik karena otak manusia dirancang untuk bekerja lebih baik dengan gambar. Mengingat informasi dalam bentuk gambar lebih baik daripada bentuk digital atau lisan, seperti yang disadur dari SlashGear (15/6/15).

Demikian pula yang disampaikan Profesor Alan Woodward, seorang ahli cybersecurity, mengatakan bahwa Emoji Passcode akan membuat para hacker kesulitan memecahkan sejumlah kombinasi password emoji.

Emoji untuk password ini sudah bisa digunakan, namun sayang Intelligent Environments belum menemukan mitra untuk mengembangkannya. Semoga dalam waktu dekat, sistem pengamanan emoji bisa diterapkan untuk dijadikan password sebuah aplikasi.

(brl/red)