Teknologi hybrid cloud bisa menguntungkan bagi perusahaan

Teknologi hybrid cloud bisa menguntungkan bagi perusahaan

Techno.id - Sejumlah perusahaan saat ini sudah mematok cloud computing sebagai kebutuhan penting. Akan tetapi, menurut data dari CloudTweaks (04/03/15), perusahaan yang menggunakan layanan cloud hibrida masih sangat sedikit. Padahal jika dioptimalisasi, sistem cloud persilangan antara publik dan privat ini bisa sangat menguntungkan.

Pertama, teknologi cloud hibrida memberikan kesempatan bagi empunya untuk mengontrol keamanannya sendiri. Ya, perusahaan yang bersangkutan bisa mengelola data yang mereka miliki dengan mengklasifikasikannya ke cloud privat dan publik. Hal ini tentu bakal menjadi jalan keluar terbaik bagi konsumen yang meremehkan keamanan cloud publik.

Di samping itu, layanan cloud hibrida juga siap mendukung kebutuhan perusahaan yang fleksibel. Dalam kasus ini, biasanya ada perusahaan yang ingin mengubah tujuan penggunaan sistem cloud yang mereka miliki.

Yang tak kalah bermanfaat, pengguna cloud hibrida bisa mengoptimalisasi development testing. Langkah pendeteksi masalah dan pencegahan ini dapat menyempurnakan kebutuhan perusahaan akan kedua kelebihan di atas.

Memang, ada konsekuensi yang harus ditanggung perusahaan, misalnya dengan menyiapkan infrastruktur internet yang matang serta integrasi cloud publik dan privat yang baik. Namun demi kebutuhan tersebut, rasanya cloud hibrida boleh menjadi solusi bagi perusahaan atau organisasi tertentu.

(brl/red)