SpaceX siap luncurkan roket kargo lagi ke luar angkasa

SpaceX siap luncurkan roket kargo lagi ke luar angkasa

Techno.id - Perusahaan antariksa swasta milik Elon Musk, SpaceX kabarnya telah siap meluncurkan roket kargo lagi ke luar angkasa. Jumat, 8 April sekitar pukul 20:43 GMT atau Sabtu 9 April sekitar pukul 3 dinihari di Indonesia, roket dengan kode Falcon 9 itu akan lepas landas dari Cape Canaveral di Florida, Amerika.

Roket yang mengusung kapsul bernama Dragon itu dikabarkan membawa sekitar 3.100kg bahan-bahan untuk keperluan penelitian keenam astronot di stasiun antariksa internasional alias ISS. Nantinya, kapsul dragon diperkirakan bakal bersandar ke modul sementara milik NASA yang dikenal dengan nama Bigelow Expandable Activity Module (BEAM).

Sementara itu, pihak SpaceX berharap peluncuran kali ini dapat berjalan lancar. Pasalnya, tahun lalu tercatat dua kali peluncuran roket Falcon 9 yang membawa kapsul kargo meledak saat dalam perjalanan ke ISS.

Tak hanya itu, SpaceX juga berharap proses pendaratan roket saat selesai melakukan misi pengiriman nantinya dapat berjalan lancar. Sebagaimana dilansir oleh NDTV (8/4/16), untuk misi kali ini SpaceX kabarnya akan melakukan tahapan pendaratan yang berbeda dari misi sebelumnya.

Ya, SpaceX dilaporkan bakal mendaratkan roket yang telah selesai mengirim bahan penelitian ke sebuah objek atau platform mengambang di Samudra Atlantik. Diharapkan roket bisa mendarat dengan tegak dan mulus di platform tersebut meski pada uji coba pendaratan kerap mengalami kegagalan.

(brl/red)