Singkawang jadi percontohan implementasi Rencana Pita Lebar 2015

Singkawang jadi percontohan implementasi Rencana Pita Lebar 2015

Techno.id - Singkawang, Kalimantan Barat kemarin resmi ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh kabupaten/kota prioritas yang rencananya akan dijadikan percontohan implementasi Rencana Pita Lebar (Broadband) Indonesia untuk tahun 2015.

"Selasa kemarin (22/09), kita melakukan penandatanganan MoU di Jakarta terkait kerja sama implementasi Rencana Pita Lebar (Broadband) Indonesia di level kabupaten/kota," ujar Awang Ishak, Wali kota Singkawang.

Menurutnya, Dewan TIK Nasional (DeTIKNas) nantinya akan bekerja untuk Singkawang dalam penyusunan kajian pengembangan pita lebar. Suatu rencana induk pengembangan yang terwujud kemudian akan dijadikan sebagai sebuah model untuk yang lain.

Di saat yang bersamaan pula, Awang juga menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap konsep Smart City dapat diterapkan di kota Singkawang. Pasalnya, ia beranggapan bahwa tuntutan zaman untuk soal efektivitas dan efisiensi sudah tak dapat dihindari lagi.

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional Dr Ing Ilham Habibie mengatakan, pita lebar yang akan dikembangkan di Singkawang tak hanya diarahkan untuk meningkatkan infrastruktur internet saja. Namun lebih untuk pengembangan totalitas ekosistem TIK dan empowering.

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sudah diimplementasikan kemudian harus bermanfaat bagi pemberdayaan (empowering) bagi banyak pihak alias multi stake holder. Baik dari sektor pemerintah, dunia usaha, hingga masyarakat.

(brl/red)