Siapakah penemu televisi yang dijadikan Google Doodle hari ini?

Siapakah penemu televisi yang dijadikan Google Doodle hari ini?

Techno.id - Siapakah penemu televisi? Pertanyaan seperti ini pasti pernah muncul dalam benak Anda ketika sedang menonton televisi. Ya, salah satu penemu televisi adalah John Logie Baird. Dia adalah seorang insinyur sekaligus inovator dari Skotlandia yang pernah menemukan televisi mekanik dan televisi elektronik berwarna.

Berkat jasanya dalam menemukan televisi, hari ini Google Doodle memberikan apresiasi kepada John Logie Baird atas pembuatan televisi mekanik sejak 90 tahun silam. Keberhasilan John Logie Baird dalam pengenalan televisi untuk hiburan di rumah menjadi tonggak bersejarah perkembangan televisi hingga sekarang.

Televisi mekanik yang dibuat oleh John Logie Baird bergantung pada alat scan mekanik, seperti disk berputar dengan lubang di dalamnya. Metode pemindaian mekanik pada televisi ini telah digunakan sejak awal tahun 1920 hingga 1930-an. Oleh sebab itu, ini yang menjadi alasan mengapa tahun 1920-an banyak stasiun radio yang menyiarkan program televisi eksperimental menggunakan sistem mekanik.

Siapakah penemu televisi yang dijadikan Google Doodle hari ini?

Malcolm Baird, cucu John Logie Baird memperlihatkan televisi pertama yang diproduksi massal.
2016 telegraph.co.uk/Heathcliff O'Malley

John Logie Baird sendiri, mulai memamerkan televisi mekaniknya ke publik pada tanggal 26 Januari 1926. Dirinya menunjukkan penemuan televisi tersebut di laboratorium Soho di depan para anggota Royal Institution dan seorang wartawan dari media Times.

Setelah demonstrasi televisi mekanik pada tahun 1926, John Logie Baird mengembangkan televisi berwarna dan langsung diproduksi massal pada tahun 1929. Saat itu, televisi berwarna milik John Logie Baird adalah yang pertama diproduksi secara massal.

Maka tak heran, hari ini Google membuat Doodle bertemakan '90th Anniversary of the first demonstration of Television'. Pada Doodle tersebut, Google menyematkan animasi gambar televisi mekanik yang dibuat oleh John Logie Baird.

(brl/red)