Setir mobil pintar buat pengemudi tak bisa tidur nyenyak

Setir mobil pintar buat pengemudi tak bisa tidur nyenyak

Techno.id - Pada era modern seperti sekarang ini, tak sulit untuk menemukan teknologi untuk melindungi pengemudi mobil dari mara bahaya. Dari mulai keamanan kantong udara, pengereman otomatis, safety belt, hingga alat pengingat agar pengemudi tidak mengantuk. Semua teknologi tersebut, kebanyakan telah dipakai oleh para pengemudi untuk melindungi mereka dari kejadian yang tidak diinginkan. Namun, dari beberapa alat keamanan tadi, ada juga pembaruan inovasi yang dinilai lebih aman. Salah satunya adalah sistem keamanan pada setir mobil buatan perusahaan Hoffman-Krippner asal Jerman.

Teknologi ini didasarkan pada kenyataan bahwa pengemudi mobil yang lelah biasanya akan mengantuk kemudian kehilangan kendali. Oleh karenanya, perusahaan tersebut membuat sistem pintar pada setir untuk mendeteksi kelelahan dari pengemudi. Setir pintar ini mampu mengenali gerakan dari sentuhan tangan. Biasanya orang yang tidak mengantuk akan lebih sering menggerakkan setir dan yang mengantuk cenderung lebih pasif. Berdasarkan gerakan tersebut, setir pintar ini akan mengingatkan pengemudi yang mengantuk untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Apa yang menjadikan setir pintar ini berbeda dengan setir mobil yang lain? Dari penampakan memang akan terlihat sama, namun dalam balutan setir pintar terdapat strip tipis yang disematkan pada tepi bagian dalam kulit setir. Strip tersebut terdiri dari lapisan foil tipis yang dialiri arus listrik lemah untuk membaca pergerakan tangan. Ketika ada tekanan pada setir, maka lapisan yang lain akan saling bersentuhan satu sama lain, untuk menciptakan hubungan pendek antar lapisan. Ini mungkin sama seperti cara kerja layar touchscreen pada smartphone, seperti yang dilaporkan oleh Gizmag (10/7/15).

Uniknya, setir pintar ini bisa membangunkan pengemudi melalui kebiasaan sentuhan dalam menyetir. Jadi, saat alat tersebut mendeteksi pengemudi yang mengantuk maka setir pintar akan menyimpan pola gerakan sekaligus mengingatkan pengemudi untuk bangun dan menepi. Sayangnya, teknologi ini belum terlalu sensitif untuk mengenali kotoran, keringat, dan suhu perubahan. Namun, setir pintar ini sudah mampu mendeteksi gerakan walau pengemudi menggunakan sarung tangan sekalipun.

Untuk merasakan kecanggihan setir pintar ini, sepertinya Anda harus menunggu dalam beberapa tahun lagi. Ketika teknologi setir ini telah diperkenalkan pada mobil, mungkin yang merasakannya lebih dulu adalah deretan mobil-mobil mewah saja.

(brl/red)