Sepertiga orang berpikir AI adalah ancaman bagi manusia

Sepertiga orang berpikir AI adalah ancaman bagi manusia

Techno.id - Dilansir oleh Business Insider (12/03/16), sebuah survei yang dilakukan oleh YouGov untuk British Science Association mengatakan jika 36 persen orang berpikiran munculnya artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah ancaman bagi manusia.

Survei ini memiliki lebih dari 2000 tanggapan dan juga menemukan fakta lain seperti 60 persen orang berpikir penggunaan robot atau program yang didukung AI akan menyebabkan pengangguran. Namun 49 persen mengatakan jika pekerjaan akan menjadi lebih baik dengan dukungan kecerdasan buatan tersebut.

Walaupun begitu, perusahaan teknologi yang mengembangkan AI tidak setuju dengan pendapat tersebut, alasannya AI masih terlalu jauh untuk mencapai tingkat kecerdasan seperti manusia. Tidak ada yang tahu apakah mereka akan melawan manusia dan bertingkah seperti manusia.

"Penelitian ini menunjukkan kekhawatiran masyarakat dan perlu disimak untuk inovasi-inovasi teknologi. Masyarakat harus terlibat untuk kemajuan teknologi masa depan dan memastikan mereka memiliki suara untuk menentukan arah ilmu pengetahuan dan teknologi," jelas Lord David Willetts, ketua British Science Association.

Bagaimana dengan pendapat Anda?

(brl/red)