Seagate rilis laporan keuangan kuartal keempat dan tahun fiskal 2015

Seagate rilis laporan keuangan kuartal keempat dan tahun fiskal 2015

Techno.id - Sebagai salah satu produsen yang unggul dengan perangkat storage portabel-nya, Seagate Technology hari ini mengumumkan laporan keuangan di kuartal keempat dan tahun fiskal 2015. Adapun laporan terbaru ini secara resmi ditutup per 3 Juli 2015.

Di kuartal keempat 2015, Seagate melaporkan pendapatan sebesar USD 2,9 miliar dengan margin kotor 26,5 persen. Sementara itu, Seagate meraup pendapatan bersih sebesar USD 138 juta dengan laba bersih per lembar seharga USD 0,43.

Di basis non-GAAP (Generally Accepted Accounting Principles), Seagate sukses mencetak margin kotor sebesar 27,2 persen. Sementara itu, pendapatan bersih sebesar USD 250 juta dengan laba bersih per lembar seharga USD 0,77.

Di sepanjang kuartal itu pula, Seagate mencetak pendapatan dalam bentuk cash flow (arus kas operasional) sebesar USD 228 juta. Dan untuk para pemegang saham, Seagate memberikan USD 351 juta dalam bentuk dividen dan pencairan saham.

Sedangkan di tahun fiskal 2015, Seagate melaporkan pendapatan sebesar USD 13,7 miliar, pendapatan bersih USD 1,7 miliar dan laba bersih per lembar USD 5,26. Di basis non-GAAP, Seagate meraup margin kotor 28,1 persen, pendapatan bersih USD 1,5 miliar, dan laba bersih per saham USD 4,57.

Di tahun fiskal ini pula, Seagate meraup sekitar USD 2,6 miliar di dalam cash flow. Serta memberikan dana sebesar USD 1,8 miliar ke para pemegang saham dalam bentuk dividen dan pencairan saham.

Dengan kata lain, Seagate sukses menaikkan kemampuan membayar hutang (investment grade debt) sebesar 1,2 miliar. Selain itu, Seagate juga mampu memperpanjang weighted average maturity (waktu jatuh tempo) sekitar 9 tahun dan menurunkan rata-rata bunga pinjaman hingga 4,8 persen.

"Dalam beberapa tahun ini, Seagate menyempurnakan model keuangan dan rantai suplai global dan mampu beradaptasi dengan fluktuasi jangka pendek pada bisnis dan market geografis kami," ujar Steve Luczo, Chief Executive Officer Seagate dalam siaran pers yang diterima tim Techno.id, Selasa (04/08/2015).

"Portofolio produk kami memiliki posisi yang bagus di pasar storage tradisional, pipeline inovasi yang kuat, serta investasi strategis kami pada cloud system dan teknologi flash memperluas peluang kami untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan yang lama," imbuhnya.

(brl/red)