Samsung akhirnya bergabung dengan Silicon Valley

Samsung akhirnya bergabung dengan Silicon Valley

Techno.id - Penghuni Silicon Valley, sebuah area yang dikenal sebagai pusat basis teknologi dunia hari ini telah resmi bertambah satu lagi. Penghuni baru ini tak lain dan tak bukan adalah raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung.

"Kami benar-benar ingin memanfaatkan (kantor baru) sebagai dasar untuk kehadiran kami di Silicon Valley," ujar Jim Elliott, Samsung Corporate Vice President of Memory Marketing.

Sebagaimana dikutip dari Cnet (24/09), dalam membangun kantor baru yang berlokasikan di sebelah utara pusat kota San Jose ini, Samsung dilaporkan telah menghabiskan dana setidaknya sebesar USD 300 juta (sekitar Rp 4,4 triliun).

Jika sesuai rencana, kantor setinggi 10 lantai ini nantinya akan digunakan Samsung untuk banyak kegiatan. Di antaranya meliputi penelitian, pengembangan, serta penjualan alat-alat semikonduktor seperti tetangganya, Apple dan Nvidia.

Dalam proses pembuatannya, Samsung disebutkan telah menggandeng perusahaan arsitektur global NBBJ. Kantor baru Samsung ini terbentang seluas 1,1 juta meter persegi dan hanya berjarak 12 mil dari kantor Apple yang terletak di Cupertino.

Sejatinya, kantor baru Samsung ini sendiri telah mulai dibangun sejak tahun 2013 silam. Kala itu, Samsung sudah memiliki karyawan sebanyak 700 orang yang hingga kini telah berkembang menjadi sebanyak 2.000 orang.

Selain itu, peresmian kantor baru Samsung di Silicon Valley ini juga dihadiri langsung oleh para petinggi perusahaan. Di antaranya Oh Hyun Kwon selaku Samsung Electronics Vice Chairman and Co-CEO, Sam Liccardo selaku Wali kota San Jose, dan Chuck Reed, mantan Wali kota San Jose.

(brl/red)