Salip Fitbit dan Xiaomi, Apple melejit di pasar smartwatch dunia

Salip Fitbit dan Xiaomi, Apple melejit di pasar smartwatch dunia

Techno.id - Tren perangkat gadget terpakai atau biasa dikenal wearable devices digadang-gadang bakal berkembang pesat di tahun 2015. Banyak perusahaan yang kemudian mencoba peruntungan dengan menceburkan diri ke pasar wearable devices, salah satunya Apple.

Meski masuk sebagai pemain belakangan, Apple diprediksi akan berkembang pesat dengan wearable devices buatannya. Menurut Canalys, pada kuartal kedua tahun 2015, Apple telah sukses mengirimkan lebih dari 4,2 juta unit Apple Watch yang langsung menyalip posisi Fitbit, Xiaomi, dan semua vendor smartwatch.

Dilansir Digitimes (21/7/15), Apple telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam perancangan SDK WatchKit. Perangkat lunak WatchKit yang dikembangkan perusahaan asal California itu disebutkan berhasil membuat Apple Watch memiliki baterai yang lebih awet.

Canalys memaparkan ada dua faktor yang menghalangi peningkatan penjualan Apple Watch secara signifikan. Pertama, Apple telah melewatkan musim liburan akhir tahun 2014. Kedua, kendala pengiriman produk ke tengah pasar yang sempat terhenti selama beberapa bulan setelah peluncuran.

Chris Jones, VP dan Analis Utama Canalys menuturkan, Apple Watch merupakan smartwatch paling canggih yang ada saat ini, terbukti dengan popularitas di tengah pengguna Apple di seluruh dunia. Namun, Apple dan vendor lain masih harus menghadapi tantangan penting agar produk smartwatch mereka melonjak tajam.

Perbaikan kinerja, daya tahan baterai, integrasi sensor, dan model futuristik. Tapi, aplikasi pihak ketiga yang berkualitas juga memiliki pengaruh besar apakah Apple Watch akan mampu bertahan dalam jangka panjang di pasar, tandas Jones.

(brl/red)