Robot asal Jepang tiru gerakan manusia saat pindahkan barang

Robot asal Jepang tiru gerakan manusia saat pindahkan barang

Techno.id - Sekelompok peneliti dari Laboratorium JSK, University of Tokyo baru saja menciptakan robot yang dapat melakukan gerakan layaknya manusia saat bekerja. Robot yang diberi nama HRP-2 tersebut dapat melakukan gerakan mendorong, menarik, dan menggeser benda-benda besar, seperti mesin cuci maupun kulkas.

Seperti diberitakan oleh Slashgear (2/6/15), Masayuki Inaba dan Kei Okada, bagian dari tim peneliti menjelaskan bahwa robot rancangannya ini didesain dengan siklus gerakan bertahap. Artinya, robot akan bergerak perlahan untuk menyesuaikan kekuatannya dengan besar benda sampai si robot menemukan titik dorong untuk memindahkan benda besar tersebut.

Inaba dan Okada mengungkapkan, robot ciptaannya tersebut akan menganalisa berat objek, dimensi, dan gesekan yang akan terjadi, sebelum memindahkan benda besar yang ada dihadapannya. Jadi, sama halnya dengan manusia, robot tersebut akan berusaha untuk mendorong benda dengan kekuatan kecil untuk menemukan titik dorongnya, kemudian secara bertahap meningkatkan kekuatan untuk memindahkan benda besar ke tempat yang dituju.

Inaba dan Okada juga menjelaskan, jika mereka merancang kaki robot ini dengan sangat baik. Sebagai sumber kekuatan dorongan, kaki dari HRP-2 ini didesain dengan stabil. Jadi, kaki HRP-2 ini dapat bergerak lebih pendek atau lebih panjang menyesuaikan dengan seberapa jauh titik akhir pemindahan objek.

Tim peneliti rencananya akan terus mengembangkan robot model HRP-2 ini, sehingga dapat melakukan gerakan yang lebih rapi dan daya dorong yang dihasilkan pun dapat lebih besar.

(brl/red)