Roadshow Liga Digital Indonesia sudah sambangi kota Kembang

Roadshow Liga Digital Indonesia sudah sambangi kota Kembang

Techno.id - Roadshow Liga Digital Indonesia kini sudah sampai di kota Kembang, Bandung. Kota ini menjadi kota tujuan diselenggarakannya roadshow setelah Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Dalam acara pembukaan yang diselenggarakan di Bandung Digital Valley (14/12/15), Sarwani Dwinanto, Kabid Content & Ecosystem APJII sempat mengungkapkan keresahannya mengenai perkembangan developer aplikasi nasional. Menurutnya, saat ini Indonesia sebenarnya bisa menjadi pasar untuk negara sendiri.

Aplikasi buatan anak Indonesia tak kalah canggihnya dengan aplikasi buatan asing. Namun menurut Sarwani, kurangnya dukungan membuat aplikasi-aplikasi tersebut akhirnya kurang berkembang.

"Ada yang berkembang kemudian diakuisisi pihak asing. Tapi bukannya berkembang mereka justru dimatikan. Investor asing tentunya tak ingin aplikasi mereka tersaingi, sehingga mereka mencoba dengan cara yang halus untuk mendekati," ungkap Sarwani seperti dikutip Techno.id dari keterangan pers (23/12/15).

Lebih lanjut Sarwani mengungkapkan harapannya bahwa melalui Liga Digital Indonesia ini, ekosistem digital nasional lebih kuat sehingga developer aplikasi lokal yang sebenarnya bisa bersaing dengan pihak asing dan tidak mati di tengah jalan.

Sekadar informasi, Liga Digital Indonesia merupakan kompetisi untuk mencari aplikasi-aplikasi mobile nasional yang unggul, untuk kemudian didorong supaya bisa bersaing dengan aplikasi global yang ramai digunakan khalayak Tanah Air. Tak cuma itu, kompetisi yang diselenggarakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI), Klik Indonesia, dan Teknopreneur Indonesia ini turut menjanjikan banyak keuntungan bagi peserta terbaik, mulai dari inkubasi bisnis, uang tunai, pertemuan dengan investor guna penambahan investasi, sampai kesempatan pre-install aplikasi tersebut di smartphone lokal.

Informasi lebih lanjut soal Liga Digital Indonesia, termasuk pendaftaran, bisa diakses di situs ligadigital.id.

(brl/red)